PENERAPAN METODE ROLE REVERSAL QUESTION (BERTUKAR PERAN MEMBUAT PERTANYAAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 2 BAJUR KELAS IV KECAMATAN LABU API TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: NIRWANA, EVI SUKMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10348/1/EVI%20SUKMA%20NIRWANA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10348/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 Bajur. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Role Reversal Question untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Bajur tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Bajur tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan observasi. Faktor yang diteliti adalah faktor siswa dan faktor guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Reversal Question dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Bajur . Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu 62,9% untuk