PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 47 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | HARIATI, SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10347/1/E1E212228.pdf http://eprints.unram.ac.id/10347/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar di kelas IV SDN 47 Cakranegara. Hal ini disebabkan oleh siswa di kelas yang jarang melakukan diskusi kelompok serta pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang tepat guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 47 Cakranegara pada mata pelajaran matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 47 Cakranegara yang berjumlah 35 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan aktivitas guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Pada siklus I rata-rata kelas sebanyak 73,23 sedangkan presentasi ketuntasan klasikal 73,52% dengan aktivitas siswa tergolong aktif sedangkan aktivitas guru berkategori baik. Pada siklus II rata-rata kelas sebanyak 79,35 sedangkan presentasi ketuntasan klasikal 83,87% dengan aktivitas siswa tergolong sangat aktif sedang