NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA RAKYAT BIMA DUHA KALANO DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Main Author: FITRIANTI, NUR AMAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10310/1/jurnal%20PITRI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10310/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat Bima Duha Kalano dan Bagaimanakah relevansi nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat Bima Duha Kalano terhadap pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita rakyat Bima Duha Kalano dan mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat Bima Duha Kalano dengan pembelajaran sastra di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada Penelitian ini yaitu menggunakan teknik pengamatan dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat Bima Duha Kalano. Nilai-nilai pendidikan meliputi nilai moral, nilai sosial, dan nilai religius. Nilai moral dilihat dari sikap baik dan sikap buruk. Nilai sosial dilihat dari sikap individu terhadap masyarakat dan sikap masyarakat terhadap individu. Nilai religius dilihat dari hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama.