PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 27 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Nurwahdini, Nurwahdini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10288/1/E1E212187.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10288/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang menganggap matematika itu sulit. Maka diperlukan sebuah pendekatan yang dapat membantu siswa untuk memudahkan memahami materi yang disampaikan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 27 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016. Data hasil belajar dapat diperoleh d engan cara tes tulis, sedangkan untuk mengukur aktivitas guru dan siswa dapat dilakukan dengan lembar observasi. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan yakni minimal 85% siswa mendapatkan nilai minimal 70. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 68,5% dengan nilai rata - rata 73 pada siklus II, presentase siswa yang tuntas adalah 91,4% dengan rata - rata 83%. Sehingga dapat disimpulka n bahwa pendekatan pembelajarn kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru sebaiknya menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika.