MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SDN 1 KEDIRI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Gunayasa, Ida Bagus Kade |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10276/1/E1E212040.pdf http://eprints.unram.ac.id/10276/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor : 1) faktor siswa, 2) faktor guru 3) faktor orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS SDN 1 Kediri Selatan melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching . Penelitian ini melibatkan 26 orang siswa kelas IV sebagai subjek peneliti, dan guru wali kelas IV yang bertindak sebagai observer . Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bentuk siklus deng an tahapan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Penggunaan data observasi siswa dan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang dinilai oleh guru wali kelas IV. Tes evaluasi untuk data hasil belajar siswa berdasarkan analis is data menunjukan bahwa, ketuntasan klasikal siswa meningkat dari data hasil mid semester yaitu 50% dan meningkat pada siklus I menjadi 69,23% dan meningkat juga pada siklus II menjadi 88,46%. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tunta s karena telah tercapainya seluruh indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu hasil belajar siswa meningkat jika ≥85% siswa mendapat nilai =/≥70. Peningkatan nilai rata - rata tiap sikl