MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS III SDN 04 LEMBUAK TAHUN PELAJARAN 2015/201
Main Author: | WULANDARI, YUNITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10249/1/E1E012100.pdf http://eprints.unram.ac.id/10249/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA di SDN 04 Lembuak, yang disebabkan oleh aktivitas siswa yang hanya terbatas pada melihat, mendengar, dan mencatat hal yang disampaikan oleh guru. Penerapan metode kancing gemerincing bertujuan untuk meningkatkan hasil belaj ar IPA. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 04 Lembuak ya ng berjumlah 23 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan K elas yang dilakukan dalam dua siklus. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar aktivitas siswa dan guru, sedangkan data hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA diperoleh dari hasil tes kognitif pada tiap akhir siklus. Peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode ka ncing ge merincin g dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal dengan KKM 75 adalah 85%. Penerapan metode kancing gemerincing dalam pembelajaran IPA dapat meningkatk