PENINGKATAN HASIL BELAJAR IP S DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV SDN 04 CAKRANEGARA TAHUN A JARAN 2015/201
Main Author: | NINGSIH, RATAYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10201/1/E1E%20212%20195.pdf http://eprints.unram.ac.id/10201/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa k elas IV SDN 04 Cakranegara Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terkait dengan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran yang belum berfariasi . Dari permasalahan tersebut maka dirumuskan masalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah siswa kelas IV SDN 04 Cakranegara tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS denga n model Pembelajaran Berbasis Masalah siswa kelas IV SDN 04 Cakranegara tahun ajaran 2015/2016. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini di laksanakan dalam 4 tahap, yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdap at peningkatan hasi l belajar dari siklus ke siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal untuk siklus I dan siklus II ya itu sebesar 57,64% dan 85,71 %. Denga