MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE DIRECTED READING ACTIVITY PADA SISWA KELAS IV SDN 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: NIROSALINA, NING
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10196/1/E1E%20212%20167.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10196/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 30 Ampenan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui metode Directed Reading Activity (DRA) pada Siswa Kelas IV SDN 30 Ampenan Tahun pelajaran 2016/2017?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan penerapan metode pembelajaran directed reading activity yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 30 Ampenan pada pelajaran Bahasa Indon esia tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 30 Ampenan. Metode analisis data menggunakan analisis ketuntasan belajar. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan tes. Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 30 Ampenan dengan menerapkan metode directed reading activity dapat di lihat dari persentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 75% meningkat pada s iklus II menjadi 88,46%. Penerapan metode directed reading activity selama pr