Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Kristen Payeti dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar Auditorial

Main Author: Nggaba, Mayun Erawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana , 2022
Online Access: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/5528
https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/5528/2049
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMP Kristen Payeti dalam menyelesaikan soal cerita pada materi PLSV yang ditinjau dari gaya belajar auditorial dan untuk mengetahui faktor-faktor internal yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa,  dari 30 siswa yang diteliti, 7 orang siswa memiliki gaya belajar visual, 14 siswa memiliki gaya belajar auditorial, dan  kinestetik 9 siswa. Dari hasil tes, siswa gaya belajar auditorial temasuk pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 28,88. Faktor-faktor internal yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis meliputi, minat belajar,  ketelitian, kemandirian belajar siswa, dan penguasaan materi.