KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Main Authors: | Amaliyah, Nurhadifah, Fatimah, Waddi, Abustang, Perawati Bte |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/2791 https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/2791/1321 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPS kelas VI siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk pre experimental dengan desain One Group Pretest-Postest. Sampel penelitian adalah kelas VIb SD Inpres Ungulan BTN Pemda Kota Makassar yang berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inefrensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 20,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPS kelas VI siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar dengan nilai Sighitung 0,000 < α (0,05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.