Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa Sekolah Dasar

Main Authors: Yayuk, Erna, Ekowati, Dyah Worowirastri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana , 2022
Online Access: https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/5622
https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/5622/2089
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is to find out the creative thinking disposition of elementary school students in mathematics based on their gender group. The research design used is a descriptive qualitative method. Based on the results of the study, it can be concluded that boys have a high mathematical creative thinking disposition and positive perceptions, boys and girls have the same high mathematical creative thinking disposition and moderate perception, in the category of moderate mathematical disposition and moderate perception, students fewer boys than girls. In male students, moderate mathematical creative thinking disposition and negative perceptions have more numbers than in female students. Furthermore, students who have a low creative thinking disposition and moderate perception are only boys. Students who have low mathematical creative thinking disposition and negative perceptions are only female students. The level of disposition and perception is very influential in the process of learning mathematics. Children who have a high mathematical creative thinking disposition and high perception certainly have a better enthusiasm for learning mathematics than other categories,
  • Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui disposisi berfikir kreatif siswa SD pada materi matematika berdasarkan kelompok gendernya. Desain penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak laki-laki memiliki disposisi berfikir kreatif matematika tinggi (DBKM) dan persepsi positif, anak laki laki dan perempuan memiliki disposisi berfikir kreatif matematis tinggi dan persepsi sedang yang sama, pada kategori disposisi matematika sedang dan persepsi sedang, siswa laki-laki lebih sedikit dibandingkan anak perempuan.  Pada siswa laki-laki disposisi berfikirkreatif  matematis sedang dan persepsi negatif memiliki jumlah lebih banyak dari pada siswa perempuan. Selanjutnya, siswa yang memiliki disposisi berfikir kreatif rendah dan persepsi sedang hanya pada anak laki-laki. Siswa yang memiliki disposisi berfikir kreatif matematika rendah dan persepsi negatif hanya siswa perempuan. Level disposisi maupun persepsi sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran matematika. Anak yang memiliki disposisi berfikir kreatif matematis tinggi dan persepsi tinggi tentu memiliki semangat dalam belajar matematika yang lebih baik dibandingkan kategori kategori lain.