Pendidikan Multikultural Berbantuan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
Main Authors: | Pratiwi, Ika Ari, Masfuah, Siti, Rondli, Wawan Shokib |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
, 2018
|
Online Access: |
https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1298 https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1298/881 |
Daftar Isi:
- The differences in social, religious, and cultural status make an impact on social attitudes, the cooperative systems, and how to make friends in school. Efforts to harmonize and unify the diversity of students in schools today is integrated with multicultural education. The purpose of this research is to describe the effectiveness of multicultural education implementation with the help of pictorial riddle method to increase the value of creativity, and friendly/communicative character. In this research, the application of multicultural education is carried out in thematic integrated learning of social and natural science in grade 3 semester 2. The quasi experiment design with control group used pre-test and post-test. The result showed that multicultural education, aided with pictorial riddle method increased the value of creative and friendly/communicative character. The creative character in the experimental class increased significantly from the pretest score of 69 to 85 in the posttest, with the gain of 0.53 in the medium criterion. The increase of friendly/communicative value in the pretest experimental class was 70, increased to 80 at posttest, with the gain of 0,31 in medium criterion.
- Adanya perbedaan latar belakang budaya, status sosial, dan agama berpengaruh terhadap sistem bekerjasama, sikap sosial, dan cara berteman siswa di sekolah. Upaya menyelaraskan dan menyatukan keberagaman siswa maka pembelajaran di sekolah saat ini diintegrasikan dengan pendidikan multikultural. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan penerapan pendidikan multikultural berbantuan metode pictorial riddle dapat meningkatkan nilai karakter kreatif dan bersahabat/komunikatif. Pada penelitian ini penerapan pendidikan multikultural diintegrasikan pada pembelajaran tematik IPA dan IPS kelas 3 SD semester 2. Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Sugiyono (2009). Penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa pendidikan multikultural berbantuan metode pictorial riddle dapat meningkatkan nilai karakter kreatif dan bersahabat/komunikatif. Peningkatan nilai karakter kreatif pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari skor pretes 69 meningkat pada postest menjadi 85, uji gain skor 0,53 dengan kriteria sedang. peningkatan nilai bersahabat/komunikatif pada kelas eskperimen hasil pretest adalah 70 meningkat menjadi 80 pada postest, uji gain dengan skor 0,31 dengan kriteria sedang.