MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL KOLB DENGAN VISUALISASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHAMAHASISWA TEKNIK UNMA TEKNIK MESIN PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR II MATERI LISTRIK

Main Authors: Dewi Jannati, Eidelweis, Samantha, Yudi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Majalengka , 2016
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/JE/article/view/299
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/JE/article/view/299/278
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil studi kasus yang peneliti lakukan pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Majalengka, diperoleh hasil tes pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar dengan nilai rata-rata 5,5. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang dosen terapkan. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran konvensional, sehingga mahasiswa cenderung pasif. Akibatnya, pemahaman konsep mahasiswa rendah.Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat.Model experiential Kolb dengan visualisasi virtual salah satu alternatif yang tepat, karena mahasiswa dituntut aktif dan kreatif membangun pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep setelah diterapkan model experiential Kolb dengan visualisasi virtual. Desain penelitianControl Group Pretest-Posttest Design, teknik Mesin semester IIA sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil studi kasus yang peneliti lakukan pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Majalengka, diperoleh hasil tes pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar dengan nilai rata-rata 5,5. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang dosen terapkan. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran konvensional, sehingga mahasiswa cenderung pasif. Akibatnya, pemahaman konsep mahasiswa rendah.Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat.Model experiential Kolb dengan visualisasi virtual salah satu alternatif yang tepat, karena mahasiswa dituntut aktif dan kreatif membangun pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep setelah diterapkan model experiential Kolb dengan visualisasi virtual. Desain penelitianControl Group Pretest-Posttest Design, teknik Mesin semester IIA sebagai kelas eksperimen.