Hubungan antara inteligensi, minat memilih jurusan dan prestasi belajar kelas II dengan prestasi belajar kelas III siswa SMU Negeri Tumpang<BR>oleh Ety Driastuti
Main Author: | Driastuti, Ety, |
---|---|
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UNIVERSITAS NEGERI MALANG. JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
, 2000
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=9596 |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranya fakloryangm empengaruhpi restasbi elalars iswaa dalahi nteligensid an minat. Inteligensidan minat memilih lurusan merupakan dua faktor yang diduga mempengaruhiprestars b elaja r siswa.Tujuand an penelitiani ni adalah( l) untuk mengetahuai danyah ubunganantararn teligensdi an prestasbi elajark eiasl ll siswaS MU Negeri Tumpang,( 2a)Untuk mengetahui adanya hubungan antara minat memilih jurusan IPA denganprestasbie la.lakr eiasI II IPA siswaS MU Negeri Tumpang,( 2b) Untuk mengetahuihubungana ntaram inat memilihlurusan IPS denganp restasib elajar ketas III IPSsiswaS MU NegeriT umpang,( 2c) Untuk mengetahuai danyah ubungana ntaram inatmemilhj urusanB ahasad enganp restasbi elalarK elasl ll BahasaS iswaS muN egeriTurnpang(, 3) Umuk mengetahuia danyah ubungana ntarap restasib elajar padaw aktukelas II dengan prestasi belalar ketikir kelas III siswa SMU Negeri Tumpang- (4)Untuk mengetahui adanya hubungan bersama antara inteligensi, minat memilihjurusand anp restasbi ela.lakr elasl l denganp restasbi ela.yakre tika kelasI II srswaSMU Negeri Tumpang.Rancanganp enelitian yang digunakand alam penelitian ini adalahd eskriptifkorelasionalB. ersii-atd eskriptif karenab ertujuan untuk memperoleh gambarantentangv ariabely ang diteliti dan bersifat korelasionalk arenabertujuan untukmengetahuar daa tau tidak ada hubungana ntara dua variabel. Populasi dalampenelrtianin i adalahs eluruh siswa kelas III SMU Negeri Tumpang tahun pelajaran1999/2000T. eknik pengambilans ampei< iaiamp eneiitian ini adaiahp urposiveRendom Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan tujuan tertentu yangdilakukan secara acak dengan mempertlmbangkan proporsi dari setiap sup populasi.Metode pengumputan data yang diguna.lon dalam penelitran ini adalah studidokumenterk, arenas emuad ata yang dibutuhkan telah tersediad i lokasi penelitian.Tei<nrkp engolahand atay ang digunakan adalaht eknik korelasi product moment danteknik korelasi regresi ganda. Dalam menganalisis data dalam penelitian rnidigunakanp rogramk omputer SPSS.Atas dasarp enguJlanh ipotesis (1) menunjukkan bahwa ada hubungany angsignrtikan antara intcligensi dan prestasi belajar kelas III siswa SMU NegenTumpang dengan harga r : 0,292. (a) ada hubungan yang signifikan antara inteiigensisisivak elasl lt IPA denganp restasbi elajars iswak elasI II IPA denganh argar :0,396.( b) tidak adah ubungany ang siglifikan antarar ntehgenssi iswak elasl ll IPSdenganp restasbi elalars isrvak elasI II IPS denganh argar :0,203, (c) Ada hubunganIyang signif,tkan antara inteligensi siswa kelas III Bahasa dengan prestasi belajar siswakelasI II Bahasad enganh argar:0,833. Hipotesis( 2a) menunjukkant idak adahubungany ang signifikan antaram inat memilih jurusan IpA denganp restasib elajarkeiasll l IPA siswaS MU Negeri Tumpangd enganh argar :0,039 (2b) tidak adahubungany ang signifikan antaram inat memilih jurusan IpS denganp restasib elajarkelas III IPS siswa SMU Negeri Tumpang dengan harga r:0,203, (2c) tidak adahubungany ang signifikan antaram inat memilih jurusan bahasad enganp restasibelajar kelas lll Bahasa siswa SIvIU Negeri Tumpang dengan harga r : 0,229.Hipotesis( 3) menjunjukkan bahwa ada hubungany ang signifikan antarap restasibelaiarp adaw aktu kelasl l denganp resrasbi elaiark etika kelasI 1I sMU NegeriTumpang dengan harga r : 0,652. Hipotesis (4) menunjukkan secara bersama-samaada hubungan yang signifrkan antara inteligensi, minat memilihJunrsan dan prestasibelajar kelas ll dengan prestasi belayar kelas III siswa SMU Negeri rumpang denganhareaF - 10.66.