Pengaruh social media marketing melalui media sosial instagram dan harga terhadap minat beli pada online shop Ghealsy Malang (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen angkatan 2016 FE Universitas Negeri Malang) / Novita Sari

Main Author: Sari, Novita
Other Authors: 1. Aniek Indrawati
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen , 2019
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=93313
Daftar Isi:
  • iABSTRAKSari, Novita. 2018. Pengaruh Social Media Marketing melalui Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli pada Online Shop Ghealsy Malang. Jurusan Manajemen. Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.Kata Kunci: Social Media Marketing, Harga, Minat BeliMunculnya sosial media yang merupakan media baru yang dapat digunakan sebagai pemasaran sekaligus untuk melakukan interaksi terhadap konsumen disebut Social Media Marketing. Salah satu social media marketing yang sedang populer saat ini adalah Instagram, melalui aplikasi ini pelaku bisnis dapat membagikan informasi dan promosi mengenai produk mereka secara menarik sehingga akan terbentuk minat beli dari konsumen yang melihatnya. Minat beli merupakan suatu respons atau proses merasa atau menyukai sesuatu tetapi belum melakukan pembelian. Minat beli konsumen juga dapat terbentuk dari harga produk yang ditawarkan pelaku bisnis online dalam penelitian ini adalah online shop Ghealsy Malang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel Social Media Marketing, Harga, dan Minat Beli, (2) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Beli, (3) Pengaruh Harga terhadap Minat Beli, (4) Variabel yang lebih dominan mempengaruhi minat beli pada online shop Ghealsy Malang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatory. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 Manajemen angkatan 2016 Universitas Negeri Malang, sehingga termasuk dalam populasi terhingga (finite population). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, teknik probability sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil sampel sejumlah 108 responden kemudian ditingkatkan menjadi 119 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap tiga variabel penelitian sudah baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Grand Mean masing-masing variabel sebesar 3,73 untuk Social Media Marketing, 3,89 untuk variabel Harga, dan 3,61 untuk variabel minat beli. Hasil analisis data menunjukkan variabel Social Media Marketing dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli.Ghealsy perlu memberikan informasi lebih jelas apabila terdapat perubahan informasi tentang produk seperti kenaikan harga, serta meningkatkan inovasinya mengenai desain produk atau membuat desain produk yang mencerminkan ciri khas Ghealsy.