Pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang dengan kemampuan akademik yang berbeda / Nurul Ika Noviyanti
Main Author: | Noviyanti, Nurul Ika |
---|---|
Other Authors: | 1. Susriyati Mahanal ; 2. Siti Zubaidah |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Biologi
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=92936 |
Daftar Isi:
- viRINGKASANNoviyanti, Nurul Ika. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE terhadapKeterampilan Argumentasi Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi pada SiswaKelas X SMA Negeri di Malang dengan Kemampuan AkademikBerbeda. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal,M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd.Kata Kunci: Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Hasil Belajar Biologi,RICOSRE, Kemampuan Akademik.Pendidikan abad 21 menjadi pusat utama dalam pengembanganketerampilan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan argumentasi salah satuketerampilan yang perlu diberdayakan dalam pembelajaran biologi. Faktanyaketerampilan argumentasi ilmiah siswa SMA Negeri di Malang masih rendah,sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif yang rendah. Permasalahan inidisebabkan oleh perbedaan kemampuan akademik siswa. Solusi untukmemecahkan permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaranRICOSRE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik terhadap keterampilanargumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif biologi tentang virus dan bakteri.Metode penelitian ialah kuasi-eksperimen, dengan desain penelitian pretest-post-test non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalahseluruh SMA Negeri di Malang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XSMAN 8 Malang dan SMAN 1 Turen yang ditentukan melalui uji kesetaraan.Hasil uji kesetaraan menunjukkan bahwa SMAN 8 Malang sebagai sekolahdengan kemampuan akademik tinggi, dan SMAN 1 Turen sebagai sekolah denganakademik rendah. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.Sampel pada sekolah dengan kemampuan akademik tinggi sejumlah 179 siswa,dan sampel pada sekolah dengan kemampuan akademik rendah sejumlah 180siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes esai padaKompetensi Dasar 3.4 & 4.4 dan 3.5 & 4.5. Uji prasyarat berupa uji homogenitasvarian dan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan tarafsignifikasi 0,5% yang dilanjutkan dengan uji beda LSD.Hasil penelitian memperlihatkan 1) RICOSRE berpengaruh terhadapketerampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas Xdi SMA Negeri di Malang, 2) kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadapketerampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas Xdi SMA Negeri di Malang, 3) interaksi model pembelajaran RICOSRE dankemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi ilmiah danhasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri di Malang. Berdasarkan hasilpenelitian, maka disarankan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh modelpembelajaran RICOSRE dan perbedaan kemampuan akademik terhadap terikatlain.