Penerapan strategi promosi marketing relationship melalui event pada PT Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang) / Shofia Yunas Agustina

Main Author: Agustina, Shofia Yunas
Other Authors: 1. Aniek Indrawati
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi D-III Manajemen Pemasaran , 2018
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=91667
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAgustina, S.Y. 2018.Penerapan Strategi Promosi Marketing Relationship melaluiEvent pada PT Malang Intermedia Pers (Jawa Pos RadarMalang). Tugas Akhir Program Studi D-III ManajemenPemasaran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.Kata Kunci : strategi promosi, marketing relationship, eventStrategi promosi merupakan salah satu cara dalam mempertahankanpelanggan dan mendapatkan pelanggan baru. Dengan promosi, perusahaan dapatmembujuk serta mempengaruhi suatu keputusan pembelian oleh pelanggan.Strategi promosi marketing relationship menjadi salah satu strategi yang dapatmemberi nilai lebih pada perusahaan melalui event. Event merupakan salah satustrategi yang dalam pemasaran modern saat ini.PT Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang) merupakanperusahaan media cetak (koran) yang terbesar di Malang Raya. Dalam mengatasipermasalahan pada era globalisasi saat ini, Jawa Pos Radar Malang menerapkanstrategi promosi marketing relationship melalui event guna untukmempertahankan pelanggan, mendapatkan pelanggan baru dan peluangpemasaran serta guna meningkatkan jumlah oplah koran pada perusahaan. Eventyang di gelar oleh Jawa Pos Radar Malang antara lain adalah : (1) Try OutKejujuran dan Final Try Out Kejujuran, (2) Goes To Shcool dan Goes To ShcoolFinal, (3) Joged Striker dan (4) Fun Kids Roadshow.Hasil dari pengamatan yang dilakukakan bahwa event dapat memberipengaruh positif bagi perusahaan dan pihak kerjasama dalam event. Banyak pihakkerjasama yang mempercayakan pelaksanaan event dengan Jawa Pos RadarMalang. Dengan event banyak manfaat yang didapat, seperti memiliki hubunganyang baik dengan pihak lain, membangun brand image, memperkenalkan produkkepada pembaca pemula dan meningkatkan jumlah oplah koran. Dalam pelaksaanevent terdapat hambatan seperti sulitnya mencari sponsor dan membutuhkan timsolid. Adapun saran yang dapat diberikan oleh penulis untuk memperlancarpelaksanaan event, yaitu menambah sumber informasi sponsor dari pihak lainyang pernah bekerjasama dengan sponsor dan membentuk tim khusus untukpelaksanaan event dengan memanfaatkan SDM yang ada serta memberikankepelatihan mengenai event, juga dapat menggandeng event organizer yangkompeten sesuai dengan jenis event.