Hubungan antara persepsi dan sikap siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri se-kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro / Pungki Randha Krisna

Main Author: Krisna, Pungki Randha
Other Authors: 1. Mustiningsih ; 2. Desi Eri Kusumaningrum
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Administrasi Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=91245
Daftar Isi:
  • Krisna, Pungki Randha. 2018. Hubungan Antara Persepsi dan Sikap Siswa dalamKegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri Se- KecamatanBojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Jurusan AdministrasiPendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mustiningsih,M.Pd, (II) Desi Eri Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd.Kata Kunci : Persepsi, Sikap Siswa, Ekstrakurikuler PramukaDalam perkembangan pelaksanaan kurikulum 2013, pendidikan kepramukaanditetapkan sebagai ekstrakulikuler wajib, mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA dan SMK. Pendidikan kepramukaan diharapkan mendukung pembentukankompetensi sikap sosial peserta didik, terutamanya adalah sikap peduli. Disampingitu juga dapat dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran interaktifprogresif maupun dalam usaha memperkuat kompetensi keterampilannya dalamranah konkrit. Oleh karena itulah pemerintah mempunyai harapan besar terhadapperan yang dapat dimainkan pendidikan kepramukaan dalam membentuk watak dankepribadian anak bangsa. Banyak upaya yang dilakukan sekolah untukmembangkitkan minat peserta didik tentang kegiatan pramuka, akan tetapi semua itubergantung pada sikap dan persepsi peserta didik.Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan tingkat persepsi siswatentang kegiatan ekstrakurikuler pramuka; (2) Mendeskripsikan sikap siswa terhadapkegiatan ekstrakurikuler pramuka; dan (3) Menguji hubungan persepsi dan sikapsiswa tentang kegiatan ekstrakurikuler pramuka.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif denganmodel penelitian Korelasional Dwivariat. Terdapat dua variabel terhadap penelitianini yaitu variabel bebasnya adalah Persepsi tentang pramuka (X) dan variabelterikatnya, yakni sikap terhadap kegiatan pramuka (Y). Penelitian ini dilakukan diSMA Negeri se-Kabupaten Bojonegoro, yang terdiri dari 4 SMA Negeri yang terletakdi pusat perkotaan kabupaten Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruhpeserta didik kelas X di SMA Negeri se-Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran2017/2018, yaitu sebanyak 1.059 siswa. Berdasarkan jumlah tersebut maka diambilsampel penelitian sejumlah 316 siswa. Adapun teknik analisis yang digunakan dalampenelitian ini adalah teknik Korelasi Spearman.Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa: (1) Persepsi siswa tentangkegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri se Kecamatan Bojonegorotermasuk dalam kategori Baik; (2) Sikap siswa tentang kegiatan ekstrakurikulerPramuka di SMA Negeri se Kecamatan Bojonegoro termasuk dalam kategori SangatBaik; dan (3) Hubungan antara variabel persepsi siswa dan variabel sikap terkaitkegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri se Kecamatan Bojonegoromenunjukkan adanya korelasi Positif artinya bahwa semakin tinggi persepsi siswamaka sikap yang dilakukan semakin baik pula.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diharapkan kepada kepalasekolah agar mempertahankan prestasi kepramukaan dan melanjutkan penanamanpendidikan karakter yang baik melalui kegiatan kepramukaan di sekolah masingiimasing. Selain itu kepada peneliti selanjutnya untuk menganalisis lebih lanjuthubungan antar variabel yang berhubungan dengan kepramukaan dan menganalisislebih dalam sejauh mana kebutuhan siswa sehingga dapat digunakan untukmengembangkan materi kegiatan kepramukaan yang sesuai dengan kebutuhan siswadan tetap memagang teguh metode kepramukaan dan dasar-dasar kepramukaan.