Penerapan teknik pertanyaan berskala dalam pertimbangan nilai konseling ringkas berfokus solusi untuk mereduksi keputusan prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 15 Malang / Kharisma Gigih Kurniawan
Main Author: | Kurniawan, Kharisma Gigih |
---|---|
Other Authors: | 1. Andi Mappiare ; 2. Adi Atmoko |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Bimbingan Dan Konseling
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=90894 |
Daftar Isi:
- iRINGKASANKurniawan, Kharisma Gigih. 2018. Penerapan Teknik Pertanyaan Berskala dalamPertimbangan Nilai Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk MereduksiKeputusan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 15 Malang. Skripsi,Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Andi Mappiare AT., M.Pd.,(2) Dr. Adi Atmoko, M.Si.Kata Kunci: Konseling Ringkas Berfokus Solusi, prokrastinasi akademik,pertanyaan berskala.Perilaku prokrastinasi akademik adalah keputusan menunda tugas-tugasakademis yang dilakukan dengan sengaja dan berulang-ulang oleh siswa yangmeliputi menunda dalam memulai dan menyelesaikan tugas, terlambat dalammenyelesaikan dan mengumpulkan tugas, terjadinya kesenjangan waktu denganrencana mengerjakan tugas, serta cenderung melakukan aktivitas lain yangdipandang lebih mendatangkan kesenangan. Di dalam pendekatan konselingringkas berfokus solusi (KRBS) terdapat salah satu teknik yakni pertanyaanberskala dengan pertimbangan nilai yang dapat digunakan untuk membantumengurangi perilaku siswa dalam memutuskan prokrastinasi akademik. Melaluilima tahap diantaranya analisis masalah, identifikasi tujuan, identifikasi masalah,pemberian dorongan untuk solusi, dan evaluasi yang dilakukan dengan strategikonseling individu untuk membantu siswa menemukan solusi atas permasalahanprokrastinasi akademik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat prokrastinasiakademik antara sebelum dan sesudah pemberian treatment yang dilakukandengan menerapkan teknik pertanyaan berskala dalam pertimbangan nilai KRBS.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental dengandesain subjek tunggal. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima siswa dengannilai tertinggi yang diambil dari populasi siswa kelas VII F SMP Negeri 15Malang. Instrumen dalam penelitian ini adalah buku pedoman eksperimenpelaksanaan teknik pertanyaan berskala dengan pertimbangan nilai dalam KRBSdan skala prokrastinasi akademik yang digunakan untuk mengukur tingkatprokrastinasi akademik siswa SMP. Teknik analisis data yang digunakan adalahUji Wilcoxon Signed Ranks Test. Data disajikan dalam bentuk tabel yangmenggambarkan perbedaan skor sebelum dan sesudah pemberian treatment.Hasil penelitian dan analisis Uji Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkannilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,042 dimana nilai tersebut < 0,05 sehingga H0ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan tingkatprokrastinasi akademik sebelum dan sesudah pemberian treatment penerapanteknik pertanyaan berskala dengan pertimbangan nilai dalam KRBS. Perbedaantersebut terlihat dari adanya penurunan skor posttest yang dilakukan setelahmendapatkan treatment.Berdasarkan hasil analisis dan pemabahasan peneliti mengajukan saran bagipara konselor sekolah dapat menggunakan teknik pertanyaan berskala dalampertimbangan nilai KRBS untuk mereduksi keputusan prokrastinasi akademiksiswa dengan panduan yang telah tersusun.