Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat untuk siswa kelas VII / Elsa Marreta Mega Rakasiwi

Main Author: Rakasiwi, Elsa Marreta Mega
Other Authors: 1. Dwiyana
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika , 2018
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=90468
Daftar Isi:
  • viRINGKASANRakasiwi, Elsa. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PenemuanTerbimbing Pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Segitiga danSegiempat untuk Kelas VII. Skripsi, Jurusan Matematika, FakultasMatematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Dwiyana, Drs. M.Pd, Ph.D.Kata Kunci: perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, luas dan kelilingbangun datar segitiga dan segiempat.Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMP Brawijaya SmartSchool, bahan ajar yang digunakan siswa berupa LKS yang menuntut siswa untukmenghafalkan rumus. Keberadaan LKS dalam kegiatan pembelajaran bertujuan untukmembantu siswa dalam belajar dan memahami suatu materi. Disamping keberadaanLKS, metode pembelajaran yang digunakan juga diharapkan dapat mendukung siswadalam memahami suatu materi. Alternatif metode yang dapat digunakan adalahmetode penemuan terbimbing. Penemuan terbimbing merupakan metode yangmenekankan pada proses dan menemukan.Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaranberbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif pada materi luas dankeliling bangun datar segitiga dan segiempat.Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan adalah modelpengembangan plomp. Produk yang telah dikembangkan berupa LKS, RPP, soal tes,lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar angket respon siswa besertasemua lembar validasinya. Uji kepraktisan dilakukan untuk mengetahui tingkatkepraktisan dari produk yang dihasilkan dengan menggunakan lembar observasikegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa dan angket respon siswa. Ujikeefektifan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perangkat pembelajaran dapatmembantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi luas dan kelilinglingkaran bangun datar segitiga dan segiempat dengan melihat perolehan nilai tessiswa.vii