Pengembangan media pembelajaran interaktif pemrograman berorientasi objek bermuatan model pembelajaran teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI RPL SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang / Nafa Zulfa
Main Author: | Zulfa, Nafa |
---|---|
Other Authors: | 1. Dwi Prihanto ; 2. Utomo Pujianto |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Teknik Informatika
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=89970 |
Daftar Isi:
- iABSTRAKZulfa, Nafa. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif PemrogramanBerorientasi Objek Bermuatan Model Pembelajaran Teams GamesTorunaments untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI RPLSMKN 2 Singosari Kabupaten Malang, Skripsi. Jurusan Teknik Elektro,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. DwiPrihanto, S.S.T., M.Pd. (II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom.Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, pemrograman berorientasi objek,teams games tournaments, hasil belajarBerdasarkan observasi awal di SMKN 2 Singosari, khususnya penerapankurikulum 2013 mata pelajaran pemrograman berorientasi objek kelas XImemiliki beberapa masalah. Masalah utama yang ada adalah kurang dari setengahjumlah siswa di kelas yang mencapai nilai KKM. Berdasarkan permasalahan yangada, maka media pembelajaran interaktif bermuatan model pembelajaran teamsgames tournaments dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelasXI. Program media pembelajaran interaktif ini dirancang menggunakan beberapabahasa pemrograman, yaitu HTML5, javascript dan php dengan frameworkangularjs dan codeigniter serta menggunakan database mysql.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mediapembelajaran interaktif yang mengadopsi model ADDIE yang meliputi: (a)analisis, (b) desain, (c) pengembangan, (d) implementasi dan (e) evaluasi. Teknikpengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup danwawancara. Teknik tersebut digunakan untuk mengumpulkan data mengenaipenilaian dan tanggapan ahli 1 dan ahli 2 serta untuk mengukur hasil belajar siswakelas XI RPL.Evaluasi penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil angket siswa, ahli, nilaipre-test dan post-test. Uji coba dilaksanakan selama bulan April. Ahli 1memvalidasi media dengan hasil persentase 90,39%. Ahli 2 memvalidasi materidengan hasil persentase 95,24%. Angket siswa mendapat hasil persentase 85,96%.Penerapan media menghasilkan peningkatan nilai dari pre-test ke post-test sebesar49,71%.