Pengaruh penerapan model challenge based learning dibandingkan dengan model learning cycle terhadap hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Singosari / Elvira Yunanda Putri
Main Author: | Putri, Elvira Yunanda |
---|---|
Other Authors: | 1. Hakkun Elmunsyah ; 2. Heru Wahyu Herwanto |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=89966 |
Daftar Isi:
- iABSTRAKPutri, Elvira Yunanda. 2018. Pengaruh Penerapan Model Challenge Based Learning dibandingkan dengan Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar pada Siswa Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Singosari. Skripsi, S1 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.Kata Kunci: challenge based learning, learning cycle, hasil belajar, pemrograman dasarDalam proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru karena bahasa yang digunakan guru dalam menyampaikan materi masih sulit dipahami siswa, guru belum dapat mengaktifkan kondisi kelas, sehingga menyebabkan kurangnya keaktifan belajar siswa di dalam kelas. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran CBL; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran LC; (3) mengetahui signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah sikap karena pengaruh penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran LC; (4) mengetahui signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan karena pengaruh penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran LC; (5) mengetahui signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah keterampilan karena pengaruh penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran LC.Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 2 Singosari tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X RPL 1 sebagai kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan kelas X RPL 2 sebagai kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar kuesioner, lembar observasi keterampilan dan unjuk kerja, serta tes objektif pretest dan posttest.Hasil analisis data peningkatan hasil belajar siswa ranah pengetahuan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan perbedaan hasil belajar ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan menggunakan uji Mann-Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan setelah diberikan perlakuan menggunakan model CBL dengan sig.(2-tailed) 0,000<0,05; (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan setelah diberikan perlakuan menggunakan model LC dengan sig.(2-tailed) 0,000<0,05; (3) terdapat signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar siswaiipada ranah sikap karena pengaruh penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran LC dengan sig.(2-tailed) 0,005<0,05; (4) terdapat signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan karena pengaruh penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran LC dengan sig.(2-tailed) 0,028<0,05; (5) terdapat signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah keterampilan karena pengaruh penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran LC dengan sig.(2-tailed) 0,000<0,05.