Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Green Chimistry materi Stoikiometri kelas X SMA/MA berbasis understanding by design / Sitti Nurul Qamariyah
Main Author: | Qamariyah, Sitti Nurul |
---|---|
Other Authors: | 1. Herunata ; 2. Ida Bagus Suryadharma |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=89898 |
Daftar Isi:
- RINGKASANQamariyah, Sitti Nurul. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Green Chemistry pada Materi Stoikiometri Kelas X SMA/MA Berbasis Understanding by Design. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Herunata, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Ida Bagus Suryadharma, M. S.Kata Kunci: understanding by design, perangkat pembelajaran, green chemistry, stoikiometri.Pencanangan Generasi Emas Tahun 2045 menuntut pembangunan generasi yang memiliki pengetahuan, kebiasaan sikap, dan keterampilan green chemistry untuk mendukung tercapainya program yang ditetapkan. Pembangunan generasi tersebut dapat dibentuk dengan memberikan pembelajaran kontekstual pada materi pembelajaran dan dikaitkan dengan pengaplikasian prinsip green chemistry. Untuk memberikan proses pembelajaran yang sesuai dan mendapatkan hasil yang diinginkan, maka perlu dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran yang didesain dengan berorientasi pada proses pembentukan bukan berbasis pada konten ataupun waktu. Salah satu cara desain yang digunakan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang berorientasi proses adalah desain berdasarkan penyusunan template understanding by design. Berdasarkan karakteristiknya, UbD dapat dipakai dalam perancangan pembelajaran semua materi, termasuk stoikiometri. Stoikiometri merupakan salah satu materi yang dianggap sebagai pengetahuan abstrak dan tidak kontekstual. Dalam Chemistry in Context Applying Chemistry to Society, materi stoikiometri secara tidak langsung bersifat kontekstual dan menjadi sebuah indikator penentuan kualitas hidup dalam berbagai aspek serta dapat dikaitkan dengan penerapan prinsip green chemistry. Dengan demikian, peneliti bermaksud untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi green chemistry pada materi stoikiometri dengan berlandaskan understanding by design. Perangkat pembelajaran berorientasi green chemistry yang dikembangkan dengan menerapkan prinsip green chemistry oleh Anastas & Warner dengan berlandaskan penyusunan template understanding by design bertujuan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan pembangunan Generasi Emas 2045 yang dicanangkan pemerintah. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengikuti model Four D (4-D) menurut Thiagarajan,dkk. Desain penilaian disajikan dengan melakukan validasi ahli dan validasi calon pengguna dengan menggunakan angket validasi kelayakan tampilan produk, template understanding by design, RPP, dan UKBM. Data yang diperoleh diolah dengan perhitungan persentase untuk mengetahui kelayakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki hasil persentase validitas yaitu 84% untuk tampilan produk, template understanding by design sebesar 82%, RPP sebesar 86%, dan 87% untuk UKBM. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran.