Pengembangan model buku ajar siswa seni kriya manik-manik untuk mata pelajaran seni budaya di SMK dengan pendekatan entreprenurial / Betty

Main Author: Betty
Other Authors: 1. Hariyanto ; 2. Wahyudi Siswanto
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Keguruan Seni rupa , 2018
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=86728
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBetty. 2017. Pengembangan Model Buku Ajar Siswa Seni Kriya Manik-ManikUntuk Mata Pelajaran Seni Budaya Di Smk Dengan PendekatanEntrepreneurial. Tesis Program Studi Keguruan Seni Rupa, PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Hariyanto, M. Hum., (II)Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M. Pd.Keywords: Pengembangan bahan ajar, Seni kriya manik-manik, pendekatanentrepreneurialPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa mediapembelajaran berbentuk cetak yaitu berupa berupa buku kerja siswa yang jugadilengkapi dengan buku penunjang siswa yang efektif dan layak untuk digunakanbaik untuk guru, siswa maupun siapa saja yang tertarik dengan kerajinan manikmanik.Model pengembangan yang dilakukan adalah 5D dengan langkah-langkahprosedur Define, Data, Design, Develop, Disseminate. Proses validasi produkyang dikembangkan menggunakan instrumen berupa kuestioner berupa angketangket, yang validasinya dilakukan oleh ahli media, ahli materi, praktisi dan ujicoba kelompok terbatas.Pembelajaran pada pengembangan ini menggunakan pola pendekatanEntrepreneurial learning yang meliputi beberapa tahapan yaitu exploring,Planning, Doing, Communicating, dan Refflecting. Produk media pembelajaranyang dikembangkan ini dapat mengarahkan pendidik dan peserta didik untukmenjalankan pembelajaran berbasis entrepreneurial yang menekankan padaaspek kemandirian, inovasi dan kreativitas.Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran yang telah divalidasidengan hasil sebagai berikut; (1) Data validasi media dari ahli media dan praktisimencapai 93,33 %, dengan nilai reliabilitas 0.536 yang berarti masuk katagorivalid dan reliable dan sangat layak untuk digunakan, (2) Data validasi materi dariahli materi dan praktisi mencapai 95.62%, dengan reliabilitas 0.526 yang berartimasuk katagori valid dan reliable, sangat layak untuk digunakan, (3) Data darihasil uji coba terbatas mencapai 94.78.%, dengan reliabilitas 0.523 yang berartimasuk katagori valid dan reliable, sangat layak untuk digunakan.Dari hasil validavi produk yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwamedia ini masuk dalam katagori valid dan layak untuk digunakan dalam prosespembelajaran utamanya untuk materi pelajaran seni budaya pada sub pokokbahasan berkarya seni rupa dalam katagori kriya. Bahan ajar ini dapat digunakanuntuk pembelajaran pada jenjang SMK/MAK maup