Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan keterampilan proses sains pada bahan kajian sifat koligatif larutan / Viola Erni Wulandari

Main Author: Wulandari, Viola Erni
Other Authors: 1. Sutrisno ; 2. Yahmin
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia , 2018
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=86549
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulandari, Viola Erni. 2017. Pengembangan Instrumen Asesmen PemahamanKonseptual Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) danKeterampilan Proses Sains pada Bahan Kajian Sifat Koligatif Larutan. Skripsi,Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutrisno, M.Si., (II) Dr. Yahmin, M.Si.Kata Kunci: instrumen asesmen, HOTS, pemahaman konseptual, keterampilanproses sains, sifat koligatif larutan.Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi (HigherOrder Thinking Skills/HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat diukurdengan menggunakan penilain atau asesmen. Penilaian mencakup tiga aspek, yaitusikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta mengukur keterampilan berpikir tingkattinggi. Namun demikian, fakta dilapangan masih tidak sedikit guru yang mempunyaikendala dalam menyusun asesmen berorientasi HOTS. Oleh karena itu, penelitibermaksud mengembangkan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasiHOTS dan keterampilan proses sains pada bahan kajian sifat koligatif larutan.Manfaat penelitian ini dapat digunakan oleh guru, praktisi, dan pengamat pendidikanuntuk digunakan secara langsung atau tidak langsung dan digunakan sebagaiprototipe untuk mengembangkan instrumen asesmen pemahaman konseptualberorientasi HOTS dan keterampilan proses sains.Model pengembangan penelitian instrumen asesmen ini menggunakan 3D darimodel 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 3D terdiri dari define(membatasi), design (merancang), dan develop (mengembangkan). Pada tahap define,dilakukan menganalisis pendahuluan dan menganalisis isi instrumen. Pada tahapdesign, dilakukan merancang isi, mendesain format, dan mendesain instrumenvalidasi asesmen. Pada tahap develop, dilakukan membuat instrumen asesmen,mengkaji bersama dosen pembimbing, merevisi produk hasil pengembangan,memvalidasi produk, merevisi hasil validasi, dan menghasilkan produk. Instrumenasesmen pemahaman konseptual dan keterampilan proses sains dikembangkandengan enam bentuk soal.Instrumen asesmen pada bahan kajian sifat koligatif larutan yangdikembangkan terdiri dari 100 butir soal pemahaman konseptual dan 65 butir soalketerampilan proses sains. Instrumen asesmen pemahaman konseptual mempunyaitingkat validitas 77,2 % (valid), instrumen asesmen keterampilan proses sainsmempunyai tingkat validitas 76,8 % (valid), dan tampilan instrumen asesmenmempunyai tingkat validitas 84,7 % (sangat valid). Hal ini menunjukkan bahwainstrumen asesmen valid untuk digunakan.