Pengembangan bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran pemrograman perangkat bergerak untuk siswa kelas XII RPL di SMK / Diky Megawanto
Main Author: | Megawanto, Diky |
---|---|
Other Authors: | 1. Slamet Wibawanto ; 2. Didik Dwi Prasetyo |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=86019 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMegawanto, Diky. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Mata PelajaranPemrograman Perangkat Bergerak Untuk Siswa Kelas XII RPL di SMK. Skripsi. ProgramStudi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T., (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, pemrograman perangkat bergerak, model ADDIEPemrograman Perangkat Bergerak adalah salah satu mata pelajaran SMK yang baruditerapkan pada kurikulum 2013. Sebagai sekolah sample tempat dilakukannya observasi yaknidi SMKN 12 Malang masih kesulitan dalam menemukan bahan ajar untuk siswa yang sesuaidengan materi pada silabus kurikulum 2013. Dengan kondisi tersebut diperlukan suatupengembangan bahan ajar yang tepat guna dapat dipelajari di sekolah dan mandiri di rumah.Bahan ajar yang akan dikembangkan berbasis web yang didalamnya memuat modul (.pdf) danvideo ajar (.mp4) serta dapat diakses melalui perangkat mobile.Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah merancang mengembangkan danmenguji kelayakan bahan ajar berbasis web mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak.Metode penelitian dan pengembangan yang akan digunakan dalam pengembangan bahan ajaradalah ADDIE. Terdapat 5 langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu 1)Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi.Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket, diperolehhasil 93,75% dari review ahli materi, 91,5% dari review ahli media, 86,25% dari uji cobakelompok kecil, dan 87,37% dari uji coba lapangan. Dari hasil analisis data keseluruhandiperoleh nilai rata-rata sebesar 89,71%. Sehingga dari hasil analisis data dapat disimpulkanbahwa pengembangan bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran Pemrograman PerangkatBergerak dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan di sekolah.