Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin / Siti Hartati
Main Author: | Hartati, Siti |
---|---|
Other Authors: | 1. Ruminiati ; 2. Lia Yuliati |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Dasar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=85891 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHartati, Siti. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) BerbantuanMedia Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keliling dan LuasBangun Datar Siswa Kelas IV SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas NegeriMalang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ruminiati, M.Si., (2) Dr. Lia Yuliati,M.Pd.Kata kunci: problem based learning (PBL), media manipulatif, hasil belajarkeliling dan luas bangun datarPermasalahan yang menjadi kendala di SD Islam Sabilal Muhtadin adalahsiswa kesulitan menguasai konsep Matematika khususnya kompetensi dasarbangun datar karena dalam materi ini terdiri dari rumus dan rangkaian materipermasalahn sehari-hari yang mesti dikuasai anak, hal ini dibuktikan dengankegiatan observasi pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas yang membuktikanbahawa nampak siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, prosespembelajaran juga belum difokuskan untuk pemecahan masalah melalui berbagaisolusi dengan didukung suasana yang menyenangkan. Penerapan Problem BasedLearning (PBL) berbantuan media manipulatif mempermudah siswamenyelesaikan masalah dengan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaranmatematika khususnya keliling dan luas bangun datar. Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan model PBL berbantuan media manipulatif yangmampu meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menerapkan jenis tindakan kelas dengan rancanganpenelitian model siklus yaitu tindakan dilakukan secara berulang danberkelanjutan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan kualitaas suatupembelajaran. Artinya sebuah proses semakin lama diharapkan semakinmeningkat perubahan atau pencapaian hasilnya. Subjek dalam penelitian iniadalah siswa kelas IV D SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin dengan jumlahsiswa 31 orang. Data diuraikan dan disajikan dengan sistematis dengan bentukyang menarik menggunakan narasi dengan dilengkapi tabel dan gambar.Informasi dari temuan penelitian ini sekaligus juga memudahkan kegiatanmenyimpulkan dan merefleksi.Temuan yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa observasiketerlaksanaan pembelajaran dengan model PBL dapat dilaksanakan dengankriteria sangat baik pada siswa kelas IV SD Islam Sabilal Muhtadin. PembelajaranPBL berbantuan media manipulatif juga mampu meningkatkan hasil belajarkeliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Islam Sabilal MuhtadinBanjarmasin. Persentase tuntas belajar klasikal pada Siklus I yaitu 61,29% , skortersebut belum dikatakan tuntas karena nilainya masih dibawah indicator minimalketuntasan belajar klasikal yaitu 80%. Pada Siklus II mencapai 87,09%. Nampakadanya peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal dari Siklus I ke SiklusII sebesar 25,8%