Analisis visual makna tanda pada iklan televisi Axis dengan judul "Iritology No 54, Cekrek Upload" / Kumala Dewi Srikinasih

Main Author: Srikinasih, Kumala Dewi
Other Authors: 1. Sugiyono Ardjaka
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Desain Komunikasi Visual , 2018
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=85848
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSrikinasih ,Kumala. 2017.Analisis Visual Makna Tanda Pada Iklan Televisi AxisDengan Judul "iritology no 54, cekrek upload". Skripsi, Jurusan DesainKomunikasi Visual, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Drs.Sugiyono Ardjaka M.Sc.,Ph.D.Kata Kunci: analisis visual, makna tanda, iklan televisiAxis adalah produk yang menyediakan jasa komunikasi dan internet, targetmarket dari axis adalah remaja dan kalangan menengah .axis mempromosikanproduknya dengan through the line media, salah satu media yang digunakan adalahiklan televisi. pada desember 2015 axis mempublikasikan iklan televisi denganjudul "iritology no 54 cekrek upload". terlihat bahwa iklan tersebut memvisualkankehidupan target marketnya yang dikemas dengan unik dan menarik. iklan televisiaxis "iritology no 54 cekrek upload" memberikan dampak tersendiri bagi targetaudiencenya. seperti yang terlihat pada media sosial lebih dari 6000 orangmenggunakan tagar #cekrekupload.Oleh karena itu, peneliti berusaha mengkaji lebih lanjut tentang tanda danmakana visual dari iklan televisi Axis iritology no 54 cekrek upload denganpendekatan deskriptif kuanlitatif. Objek yang ditetili dalam penelitian ini adalahsetiap shot yang mempresentasikan kehidupan remaja dan kalangan menengah.Oleh karenanya sebagai sumber dan primer dalam penelitian ini adalah iklantelevise, buku, internet, dan bahan tertulis lain yang relevan. Penelitian inidilakukan dengan mengumpulkan data-data melalui observasi literature baik daribuku, internet dan sebagainya. serta dilakukan Tanya jawab pada target audien nyadengan cara menjawab kueisioner.Dalam penelitian ini telah ditemukan bahwa terjadi pengaruh positivediantara target audience dan iklan televisi tersebut. dengan banyaknya persentasepengguana axis di kalangan remaja, hastag di media sosial menandakan bahwaiklan tersebut sukses memberikan effect pada targetnya.