Bias gender dan marginalisasi perempuan dalam buku teks sejarah SMA (sebuah studi analisis wacana pada buku teks Sejarah Indonesia SMA kelas X) / Niken Pranandari

Main Author: Pranandari, Niken
Other Authors: 1. Joko Sayono ; 2. Siti Malikhah Thowaf
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Sejarah , 2018
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=85838
Daftar Isi:
  • RINGKASANPranandari, Niken. 2017. Bias Gender dan Marginalisasi Perempuan Dalam BukuTeks Sejarah SMA (Sebuah Studi Analisis Wacana Pada Buku TeksSejarah Indonesia SMA Kelas X). Tesis, Program Studi PendidikanSejarah, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Joko Sayono, M.Pd., M.Hum (II) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A, Ph.D.Kata Kunci: bias gender dan marginalisasi, buku teks, analisis wacanaDalam buku teks pelajaran khususnya Buku Teks Sejarah, konstruksi bukuteks pembelajaran akan dipengaruhi oleh subjektifitas penyusun dan konstruksisosial budaya dalam memahami konsep-konsep pengetahuan dan wacanakontemporer termasuk dalam hal ini isu tentang gender. Dalam upayamewujudkan pemahaman mengenai kesetaraan gender, maka sudah selayaknyadiperlukan kajian dan penelitian yang mendalam terhadap buku teks Sejarahtersebut. Penelitian ini mengkaji buku teks Sejarah Indonesia yang diterbitkanoleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta buku Teks Sejarah Indonesiayang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marginalisasi perempuan dalamBuku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013 melalui proses pengeluaran(eksklusi) dan untuk mengetahui marginalisasi perempuan dalam Buku TeksSejarah Kelas X Kurikulum 2013 melalui proses pemasukan (inklusi). Penelitianini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan model analisis wacanaTheo Van Leeuwen. Dalam penelitian ini, peneliti memilih Buku Teks SejarahIndonesia Kelas X yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan danKebudayaan serta Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X yang dikeluarkan olehPenerbit Erlangga.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua simpulan penelitian. Pertama,dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas X yang diterbitkan oleh KementerianPendidikan dan Kebudayaan ditemukan adanya bentuk bias gender danmarginalisasi perempuan melalui proses pengeluaran (eksklusi) denganmenggunakan strategi pasivasi sebanyak 4 kutipan dan strategi nominalisasisebanyak 1 kutipan. Dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas X yang diterbitkanoleh Erlangga ditemukan adanya bias gender dan marginalisasi perempuandengan menggunakan strategi pasivasi sebanyak 7 kutipan dan strateginominalisasi sebanyak 1 kutipan. Kedua, bentuk bias gender dan marginalisasiperempuan melalui proses pemasukan (inklusi) terdapat dalam buku teks SejarahIndonesia Kelas X yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan danKebudayaan dengan menggunakan strategi diferensiasi-indiferensiasi ditemukansebanyak 3 kutipan dan strategi nominasi-kategorisasi sebanyak 14 kutipan.Dalam buku teks Sejarah Indonesia Kelas X yang diterbitkan oleh PenerbitErlangga melalui proses pemasukan (inklusi) dengan menggunakan strategidiferensiasi-indiferensiasi ditemukan sebanyak 4 kutipan dan strategi nominasikategorisasi sebanyak 23 kutipan.