Penerapan model pembelajaran course review horey dan snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-2 MA Miftahul Falah Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Istiqomah
Main Author: | Istiqomah |
---|---|
Other Authors: | 1. Prih Hardinto |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=85814 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIstiqomah.2017.Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay danSnowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.2 MA MIFTAHUL FALAHKecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Skripsi.Program StudiPendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi.Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.Kata kunci : Course Review Horay, Snowball Throwing, Keaktifan Siswa danHasil Belajar.Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di MA MIFTAHUL FALAHpada kelas X.2, permasalahan yang ditemukan peneliti pada kelas tersebut adalahkurangnya inovasi dalam pembelajaran di kelas sehingga siswa cepat merasabosan dan dalam pelaksanaanya siswa cenderung aktif dengan kegiatannya sendiriseperti bermain handphone, berbicara dengan temannya. Guru sudah membentukkelas menjadi beberapa kelompok kecil, akan tetapi hasilnya siswa belumsepenuhnya aktif dan hanya memperhatikan di awal pembelajaran saja. Ketidakaktifan siswa dalam belajar disebabkan akibat pemahaman yang kurang terhadapmateri pembelajaran. Pemahaman yang kurang cenderung untuk tidakmengemukakan pendapatnya baik dalam hal bertanya atau menjawab pertanyaanselama proses pembelajaran, dan mengakibatkan hasil belajar siswa dibawahKKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Course ReviewHoray dan Snowball Throwing untuk meningkatkan keaktifan siswa danmemperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X.2Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas karenatindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas agarhasil belajar dan keaktifan siswa meningkat dan dilakukan dalam dua siklus.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif.Pendekatan tersebut digunakan karena proses pengambilan data dilakukan secaralangsung atau alami dimana hasil penelitian tersebut di diskripsikan dalam bentukkata-kata dan bahasa dalam memberikan penafsiran terhadap hasilnya. Penelitiakan mengamati, melaksanakan mengevaluasi dan merefleksi proses belajarmengajar yang dilakukan . Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian inidilakukan dalam beberapa tahapan yang berupa siklus meliputi : perencanaan,pelaksana tindakan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswakelas X.2 ma miftahul falah sebanyak 24 orang yang terdiri dari 14 siswa lakilaki, dan 10 siswa perempuan. teknik pengambilan data dalam penelitian inimeliputi observasi, dokumentasi, post tes dan catatan lapangan.Berdasarkan hasil analisis keaktifan peserta didik pada siklus i mendapatpredikat cukup (C) dengan persentase sebesar 60 %, hal tersebut dikarenakan padapertemuan siswa masih belum sepenuhnya mengenal tentang model pembelajaranyang diterapkan sehingga nilainya masih kurang. Sedangkan pada siklus IImengalami peningkatan dan mendapat predikat Aktif (B) dengan persentasesebesar 76%. Untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan. peningkatan hasilpeserta didik terlihat dari ketuntasan nilai rata-rata post tes peesrta didik padasiklus i dengan persentase sebesar 44,04 % dan meningkat pada siklus ii denganpersentase 74,27%. demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaran course review horay dan snowball throwing dapat meningkatkankeaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X.2 ma miftahul falah.saran untuk guru mata pelajaran ekonomi bahwa model ini dapat dijadikanalternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. untuk peneliti lainsebaiknya mengembangkan model pembelajaran ini dengan menambah aspek lainseperti aspek kognitif, variasi bentuk tes yang digunakan untuk menilai hasilbelajar kognitif serta materi ekonomi lain yang sesuai dengan model pembelajarancourse review horay dan snowball throwing.