Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan media tebak montase siswa kelas VII MTSN Pandaan Tahun ajaran 2016/2017 / Luailatul Mashfiyah
Main Author: | Masyfiyah, Luailatul |
---|---|
Other Authors: | 1. Pidekso Adi |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=85813 |
Daftar Isi:
- iABSTRAKMashfiyah, Luailatul. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsidengan Media Tebak Montase Siswa Kelas VII MTsN Pandaan TahunAjaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Pidekso Adi, M.Pd.Kata Kunci: menulis, teks deskripsi, media tebak montaseMenulis teks deksripsi merupakan salah satu kemampuan berbahasa padamata pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP/MTs. Teks deskripsi merupakansalah satu kompetensi dasar yang diajarkan di kelas VII SMP/MTs. Teks deskripsiadalah teks yang menggambarkan objek yang diamati secara rinci melaluipancaindra. Melalui kegiatan menulis teks deskripsi, diharapkan siswa kelas VII EMTsN Pandaan tahun ajaran 2016/1017 dapat menggambarkan objek melaluipancaindra sehingga membuat pembaca seolah-oleh melihat, merasakan,mendengar, mencicipi, atau mencium langsung objek yang digambarkan.Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa proses dan hasilpembelajaran menulis teks deskripsi siswa masih rendah. Oleh karena itu,dibutuhkan perbaikan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuansiswa dalam menulis teks deskripsi. Salah satu perbaikan yang digunakan dalampembelajaran menulis teks deskripsi yaitu dengan menggunakan media tebakmontase.Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasilmenulis teks deskripsi dengan media tebak montase pada siswa kelas VII E MTsNPandaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjekpenelitian adalah siswa kelas VII E MTsN Pandaan yang berjumlah 31 siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket,dan tes. Analisis data perencanaan dan proses pembelajaran siswa dilakukandengan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan hasil belajar dianalisis dengan caramengumpulkan hasil menulis teks deskripsi dengan media tebak montase,mengoreksi, dan menentukan skor berdasarkan rubrik penilaian.Berdasarkan hasil analisis data tersebut diketahui bahwa penggunaanmedia tebak montase dapat meningkatkan proses dan hasil menulis teks deskripsisiswa. Peningkatan tersebut dilihat dari peningkatan proses dan hasil menulis teksdeskripsi dengan media tebak montase. Pada peningkatan proses, siswa telahmampu melaksanakan proses tahapan menulis dengan baik mulai dari tahappramenulis, menulis, dan tahap pascamenulis. Pada pembelajaran menulis teksdeskripsi pratindakan, siswa merasa sulit dalam menggambarkan objek tanpamelihat objek secara langsung, mengembangkan kalimat deskriptif, danmenggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar. Setelah adanya tindakan berupapenggunaan media tebak montase dalam pembelajaran menulis teks deskripsipada siklus I dan siklus II, siswa mampu mengatasi kesulitannya dalam menulisiiteks deskripsi melalui tahapan-tahapan menulis dengan penggunaan media tebakmontase. Siswa mampu mengamati video montase, mampu membuat danmengembangkan kerangka, serta mampu menyajikan dan menanggapi teksdeskripsi yang telah mereka tulis. Selain itu, pada peningkatan proses juga dilihatdari sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Aspek-aspek sikapsiswa tersebut meliputi, aspek kemandirian, kejujuran, tanggung jawab, danpercaya diri. Aspek-aspek tersebut mengalami peningkatan yang signifikan.Ditunjukkan dengan sikap siswa yang mampu mengerjakan tugas secara mandiri,tidak menyontek hasil kerja teman, mengerjakan tugas dengan kesadaran dirisendiri, dan berani menyajikan dan menanggapi teks deskripsi yang telah ditulis.Berdasarkan respon siswa yang didapatkan dari pengisian angket, hampir seluruhsiswa telah memberikan respon positif terhadap penggunaan media tebak montasepada pembelajaran menulis teks deskripsi.Peningkatan hasil menulis teks deskripsi dengan media tebak montasedapat dilihat dari dua aspek, yaitu (1) kesesuaian struktur teks deskripsi dan (2)kebahasaan teks deskripsi. Pada pratindakan, teks deskripsi siswa tidak sesuaidengan struktur teks deskripsi, penggambaran objek masih bersifat umum (kurangmendetail dan kurang menggambarkan objek berdasarkan pengalamanpancaindra), dan penggunaan ejaan dan tanda baca kurang tepat. Pada siklus I,terjadi peningkatan pada hasil teks deskripsi yang ditulis siswa. Isi teks deskripsisudah sesuai dengan struktur teks deskripsi dan penggambaran objek sudah mulaimendetail dan menggambarkan pengalaman pancaindra, namun penggunaan ejaandan tanda baca masih ada beberapa siswa yang masih belum mampumenggunakannya dengan tepat. Pada siklus II, penggunaan ejaan dan tanda bacasudah meningkat daripada siklus I, sebagian besar teks deskripsi siswa sudahmenggunakan ejaan dan tanda baca dengan tepat.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, memberikan kesimpulan bahwamedia tebak montase dapat meningkatkan proses dan hasil dalam pembelajaranmenulis teks deskripsi. Pada hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untukmenggunakan media pembelajaran yang inovatif dalam proses belajar-mengajar,terutama pada pembelajaran menulis teks deskripsi. Guru juga dapat menerapkanhasil penemuan ini sebagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesia yang lebihbervariasi dan tidak membosankan bagi siswa. Selain itu, peneliti lain diharapkandapat mengembangkan penelitian sejenis dengan menggunakan model penelitianyang lain. Tujuannya adalah agar didapat hasil penelitian yang lebih baik daripenelitian ini. Bagi siswa disarankan untuk memperkaya wawasan melaluikegiatan pembelajaran menulis teks deskrisi dengan media tebak montase.