Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament dan Small Sides Games terhadap hasil belajar keterampilan dasar dribbling futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit / Harindra Ritvan Wardana
Main Author: | Wardana, Harindra Ritvan |
---|---|
Other Authors: | 1. Hariyoko ; 2. Siti Nurrochmah |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=85751 |
Daftar Isi:
- iABSTRAKWardana, Harindra Ritvan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Teams GamesTournament terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dasar Dribbling FutsalPeserta Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 1 Dampit. Skripsi, PendidikanJasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas NegeriMalang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M.Pd (II) Dr. Siti Nurrochmah,M.Kes.Kata Kunci: model pembelajaran teams games tournament, model pembelajaransmall sides games, keterampilan dribblingModel pembelajaran adalah salah satu perencanaan atau suatu poladigunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelaspembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkatpembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer dan lain-lain.Model pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, terkaitminat dan antusias siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran yangdigunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan dribbling yaitumodel pembelajaran teams games tournament dan small sides games.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antaramodel pembelajaran teams games tournament dan model pembelajaran smallsides games terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan dasar dribblingpeserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1Dampit yang berjumlah 28 siswa. Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi duayaitu kelompok model pembelajaran teams games tournament dan modelpembelajaran small sides games yang masing-masing beranggotakan 14 orang.Latihan dilakukan 3 kali dalam seminggu selama 16 kali dan 2 kali tes yaitupretest dan posttest. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis variansatu jalur.Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F pada tarafsignifikansi 0,05, diperoleh hasil hipotesis 1) F hitung sebesar 4,72 > F tabel 4,22untuk model pembelajaran teams games tournament, untuk hasil hipotesis 2)dengan F hitung sebesar 5,79 > F tabel 4,22 untuk model pembelajaran smallsides games, dan hasil hipotesis 3) selisih masing-masing kelompok modelpembelajaran diperoleh F hitung 0,05 < F tabel 4,22. Berdasarkan hasil analisisdata tersebut, diperoleh kesimpulan yakni tidak terdapat pengaruh yang signifikanantara model pembelajaran teams games tournament dengan small sides gamesterhadap hasil belajar keterampilan dribbling.Saran yang dapat diberikan peneliti kepada pelatih ekstrakurikuler futsalSMA Negeri 1 Dampit sebaiknya memberikan variasi dalam pembelajaran yanglebih beragam dan lebih variatif karena hal ini berkaitan dengan ketertarikan danantusias siswa dalam pembelajaran, seperti halnya model pembelajaran teamsgames tournament dan small sides games karena dalam pembelajaran tersebutmelibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran.