Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi dan eksperimen pada mata diklat (IUT) Ilmu Ukur Tanah SMK Nasional Malang / T. Misra
Main Author: | Misra, T. |
---|---|
Other Authors: | 1. Made Wena ; 2. Priyono |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=85006 |
Daftar Isi:
- iABSTRAKMisra, T . 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan MetodeDemonstrasi dan Eksperimen Pada Mata Diklat (IUT) Ilmu Ukur TanahSMK Nasional Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T(II)Drs. Priyono, M.PdKata Kunci : Demonstrasi dan Eksperimen, Prestasi BelajarBerdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dalam penelitianpendahuluan dengan guru mata diklat Ilmu Ukur Tanah kelas X TGB SMKNasional Malang , diperoleh data prestasi belajar siswa rendah. Hal ini tampak darihasil pra tindakan yang diberikan pada siswa. Dari 31 siswa yang mengikuti pratindakan terdapat 12 (38,70%) siswa belum tuntas sedangkan yang tuntas 19 siswa(61,29%). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswadengan penerapan metode Demonsrasi dan Eksperimen.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas data penelitian di perolehdari hasil post-test dan tes keterampilan serta lembar observasi kegiatan gurudengan penerapan metode Demonstasi dan Eksperimen.data tersebut dianalisis laludibahas dan pada akhirnya dapat diambil satu kesimpulan. Penerapan metodeDemonstrasi dan Eksperimen memiliki tujuh tahapan yaitu (1) memulaidemonstrasi denganseksama (2) menyampaikan pokok pokok materi (3) padawaktu guru mendemonstrasikan guru sesekali memerhatikan siswa (4) membeikankesempatan kepada siswa untuk secara aktif mengajukan pertanyaan (5) siswamelakukan ekseperimen (6) guru memberi bantuan atau dorongan terhadapkesulitan yang dihadapi oleh siswa (7) selama pelaksanaan tindakan gurumemperhatikan situasi secara keseluruhan apakan ada kendala sehingga bisa diatasiatau dihindari sedini mungkin.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metodeDemonstrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal initerbukti setelah dilakukan nya penerapan metode Demonstrasi dan Eksperimen dikelas X SMK Nasional Malang terus mengalami peningkata sebagai berikut saatdilakukan pra-tindakan masih rendah dan terus mengalami peningkatan pada setiapsiklus nya (siklus I dan siklus II ) presentase prestasi belajar siswa saat pra-tindakansebesar 61,29% mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan siklus I sebesar81,23% dan kembali meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II sebesar 87,88%