Hubungan antara self-regulated learning dengan prokrasinasi akademik dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa angkatan tahun 2010 Universitas Negeri Malang / Yeni Primadhani

Main Author: Primadhani, Yeni
Other Authors: 1. Sri Weni Utami ; 2. Ike Dwiasuti
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Psikologi , 2017
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=84973
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrimadhani, Yeni. 2017. Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik dalam Penyusunn Skripsi pada Mahasiswa Angkatan Tahun 2010 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Ike Dwiatuti, M.Psi Kata Kunci: self-regulated learning, prokrastinasi akademikTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa angkatan tahun 2010 Universitas Negeri Malang karena melihat banyaknya mahasiswa angkatan tahun 2010 yang sampai tahun 2017 yang masih belum selesai masa studinya yaitu sebanyak 292 mahasiswa.Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan teknik analisis product moment pearson. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 73 diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan skala self-regulated learning dan skala prokrastinasi akademik. Skala self-regulated learning terdiri dari 39 aitem, mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,373 sampai dengan 0,825 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,746. Adapun skala prokrastinasi akademik terdiri dari 44 aitem. Skala prokrastinasi akademik mempunyaikoefisien validitas aitem antara 0,334 sampai dengan 0,811 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,748.Uji hipotesis diperoleh nilai korelasi antara variabel self-regulated learning dengan variabel prokrastinasi akademik sebesar rxy = -357 dengan signifikansi 0,002( p < 0,05).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-regulated learning mahasiswa angkatan tahun 2010 Universitas Negeri Malang yang berada dalam kategori rendah sejumlah 16,44%, kategori sedang sejumlah 61,64%, dan yang berada dalam kategori tinggi sejumlah 21,92%, (2) prokrastinasi akademik dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa angkatan tahun 2010 Universitas Negeri Malang yang berada dalam kategori rendah sejumlah 21,92%, kategori sedang sejumlah 58,90%, dan yang berada dalam kategori tinggi sejumlah 19,18% , (3) self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik memiliki hubungan negatif. Semakin tinggi self-regulated learning maka semakin rendah prokrastinasi akademik dan semakin rendah self-regulated learning maka semakin rendah prokrastinasi akademik.Saran dari penelitian ini yaitu 1) Bagi mahasiswa, digunakan sebagai bahan evaluasi diri, mahasiswa sebaiknya menetapkan tujuan yang akan dicapai, meningkatkan kemampuan utnuk membagi waktu yang dapat menurunkan perilaku prokrastinasi akademik, 2) Bagi Universitas, diharapkan untuk mengembangkan self-regulated learning mahasiswa, misalkan memfasilitasi mahasiswa dengan diadakan sosialisasi mengenai time-management untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik, 3) Bagi Peneliti, disarankan melakukan penelitian dengan memperluas kancah penelitian dengan karakteristik subjek yang berbeda dan atau dengan metode penelitian yang berbeda.