Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS i SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Reza Primayandhi
Main Author: | Primayandhi, Reza |
---|---|
Other Authors: | 1. Sapir |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=84837 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPembelajaran yang ideal merupakan suatu pembelajaran yang dikelola secara efektif dan berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik berarti peserta didik memiliki kesempatan untuk mengungkapkan gagasannya, mengkomunikasikan dan mendiskusikannya dengan sesama peserta didik maupun dengan gurunya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMA Negeri 6 Malang, ditemukan fakta-fakta di lapangan yang kurang sesuai dengan pembelajaran yang dikatakan ideal khususnya di kelas X IPS 3. Fakta-fakta di lapangan yang ditemukan antara lain rendahnya prestasi belajar siswa. Beberapa kendala ketidakberhasilan ketuntasan belajar siswa adalah model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa oleh guru, media pembelajaran yang kurang mendukung, dan faktor kesiapan siswa dalam belajar ekonomi.Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan teknik pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif, kreatif, dan menambah pengalaman belajar siswa. Teknik pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah teknik pembelajaran STAD berbasis Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang diguna-kan yaitu lembar observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil pene-litian menunjukkan bahwa teknik pembelajaran STAD berbasis Mind Mapping dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Malang. Selain itu, pene-rapan STAD berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar ranah kognitif dan afektif. Hal ini ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata dan persentase ketuntasan belajar di setiap siklusnya. Kata Kunci : STAD, Mind Mapping, prestasi belajar