Pengembangan media e-learning dengan 'schoology' pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Laboratorium UM / Mochammad Melka Yusnida
Main Author: | Yusnida, Mochammad Melka |
---|---|
Other Authors: | 1. Sriyani Mentari |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Akuntansi
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=84827 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYusnida, M Melka. 2016. Pengembangan Media e-Learning Dengan Schoology pada Pembelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA LaboratoriumUM. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Sriyani Mentari S.Pd., M.MKata Kunci : pengembangan media, e-learning, schoology, hasil belajarPendidikan menjadi pemegang peranan penting dalam proses kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan yang berkualitas akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang terbaru. Media pembelajaran e-learning merupakan salah satu wujud nyata dari perkembangan ilmu pengetahuan dengan teknologi dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran e-learning seperti Schoology merupakan perpaduan pembelajaran yang didukung dengan perangkat elektronik yang terhubung dengan internet, sehingga setiap siswa dapat mengakses sebuah materi dimana saja dan kapan saja untuk menambah pengalaman belajar dan membangun pengetahuan mereka sendiri untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning dengan Schoology pada pembelajaran akuntansi kelas XI SMA. Produk tersebut diujicoba untuk mengingkatkan hasil belajar siswa di SMA Laboratorium UM Malang sesudah melalui tahapa-tahap validasi sehingga media tersebut dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE. Tahapan yang pertama adalah analisis kebutuhan, mendesain bahan-bahan untuk dimasukkan dalam media, pengembangan media, implementasi dan evaluasi. Validasi media dilakukan oleh tiga subjek ahli yaitu ahli materi, ahli media dan pengguna.Hasil validasi ahli materi menunjukkan rata-rata sebesar 95,45%. Hasil validasi ahli media menunjukkan rata-rata sebesar 97,58%. Hasil ujicoba terbatas menunjukkan rata-rata sebesar 87,84%. Hasil rata-rata keseluruhan validasi menunjukkan rata-rata sebesar 93,63% sehingga media tersebut dapat dikatakan layak dan valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, media e-learning dengan Schoology terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut didukung dengan hasil uji paired sample t-test dengan tingkat signifikansi 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Saran lebih lanjut untuk penelitian ini adalah penambahan komik edukasi dengan muatan materi akuntansi dan membuat variasi model soal yang lebih banyak.ABSTRACTYusnida, M Melka. 2016. Developing e-Learning Media with Schoology in Accounting Learning to Improve Students Learning Result in SMA Laboratorium UM High School. Undergraduate Thesis, Accounting Department, Faculty of Economics, State University of Malang. Advisors: Sriyani Mentari S.Pd., M.MKeywords: media development, e-learning, schoology, learning resultEducation plays important role in Nations development process. Qualified education will be developed along the latest technology. E-learning media is one of real form of knowledge development with technology in education world. E-learning media such as Schoology is a combination of learning which supported by electronic device connected with internet, so every students would be able to access their own knowledge to develop students comprehension and learning result.The research purpose is developing e-learning media with schoology in accounting learning for grade XI High School. The project is tested to improve students learning result in SMA Laboratorium UM High School of Malang after validation test, so that the media can be considered as appropriate and effective to improve students learning result.The research uses ADDIE model development research. First phase is needs analysis, designing materials to be included in media, media development, implementation, and evaluation. Media validation is done by three expert subject, they are, material expert, media expert, and users.Material expert validation result shows average for 95.45%. Media expert validation result shows average for 97.58%. Limited test shows average for 87.84%. Overall average of validation shows average for 93.63%, so the media could be said as appropriate and valid to be used in learning. Besides, e-learning media with schoology is effective to improve students learning result. It is supported by paired sample t-test with significance level of 0.000 in significance level of 5%. Advance suggestion for this research is education comic addition with accounting material load and more variation for problems.