Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa pada mata diklat kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun ajaran 2016/2017 / Fitriana Candra Dewi

Main Author: Dewi, Fitriana Candra
Other Authors: 1. Aniek Indrawati
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Tata Niaga , 2017
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=83547
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dewi, F.C. 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Pada Mata Diklat Kewirausahaan Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Aniek Indrawati, S. Si., M.M. Kata kunci: pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, minat berwirausahaMinat siswa untuk berwirausaha dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu faktor eksternal dalam menumbuhkan minat berwirausaha siswa. Pendidikan kewirausahaan adalah muatan kurikulum sekolah yang wajib ditempuh siswa sejak kelas X, XI, hingga kelas XII. Selain mendapatkan pendidikan kewirausahaan, siswa harus memiliki motivasi berwirausaha. Motivasi merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi minat berwirausaha. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan aktivitas seseorang untuk melakukan suatu hal tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi mengenai pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan minat berwirausaha; (2) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa; (3) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan (X_1), dan motivasi berwirausaha (X_2), dengan variabel terikatnya adalah minat berwirausaha (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 118 siswa dengan sampel 91 orang siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 5 opsi, yaitu Sangat Setuju diberi skor 5, Setuju diberi skor 4, Cukup Setuju diberi skor 3, Tidak Setuju diberi skor 2, Sangat Tidak Setuju diberi skor 1. Instrumen pengumpul data menggunakan kuesioner. Untuk uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk mengetahui kelayakan model dilakukan tiga uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Variabel pendidikan kewirausahaan, variabel motivasi berwirausaha, dan variabel minat berwirausaha dapat diklasifikasikan dalam kategori baik; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang; (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang sebesar 62,3% sedangkan sisanya sebesar 37,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Bagi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang dapat menggali informasi melalui guru atau mengikuti seminar mengenai pendanaan kewirausahaan, dengan hal itu siswa bisa mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk modal berwirausaha dan menciptakan sarana berwirausaha; (2) Bagi Guru Kewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Malang diharapkan selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk berwirausaha, siswa yang memiliki keinginan untuk bekerja di bawah naungan orang lain sebaiknya diberikan pandangan mengenai keuntungan berwirausaha secara bertahap; (3) Bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha siswa, seperti pengalaman, lingkungan, dan sebagainya.