Pengaruh status sosial ekonomi, modernitas individu, dan locus of control terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi dimediasi oleh hasil belajar pada siswa SMA se-Watansoppeng Sulawesi Selatan / Nur Arisah
Main Author: | Arisah, Nur |
---|---|
Other Authors: | 1. Hari Wahyono ; 2. Sugeng Hadi Utomo |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=82037 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKArisah, Nur. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Modernitas Individu, dan Locus of Control terhadap Rasionalitas dalam Berperilaku Konsumsi Siswa Dimediasi oleh Hasil Belajar pada Siswa SMA se-Watansoppeng, Sulawesi Selatan. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd., (II) Dr. H. Sugeng Hadi Utomo, M.S.Kata Kunci: Rasionalitas dalam Berperilaku Konsumsi, Status Sosial Ekonomi, Modernitas Individu, Locus of ControlPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji: pengaruh status sosial ekonomi terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. Pengaruh moderitas individu terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. Pengaruh locus of control terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. Pengaruh status sosial ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Pengaruh modernitas individu terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Pengaruh locus of control terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Pengaruh hasil belajar ekonomi terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. Pengaruh status sosial ekonomi terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa melalui hasil belajar ekonomi. Pengaruh modernitas individu terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa melalui hasil belajar ekonomi. Pengaruh locus of control terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa melalui hasil belajar ekonomi kelas X SMA se- Watansoppeng, Sulawesi Selatan.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik path analysis. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA se-Watansoppeng yang berjumlah 619 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 113 siswa yang menyebar dalam tiga sekolah SMA se-Watansoppeng. Tehnik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket dan tes. Tehnik analisis data menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa: (1) Status sosial ekonomi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. (2) Modernitas individu berpengaruh tidak signifikan terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. (3) Locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. (4) Status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa. (5) Modernitas individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa. (6) Locus of control berpengaruh tidak signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa. (7) Hasil belajar ekonomi berpengaruh tidak signifikan terhadap rasionalitas dalam berperilaku ekonomi. (8) Status sosial ekonomi melalui hasil belajar ekonomi berpengaruh tidak signifikan terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. (9) Modernitas Individu melalui hasil belajar ekonomi berpengaruh tidak signifikan terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa. (10) Locus of control melalui hasil belajar ekonomi berpengaruh tidak signifikan terhadap rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disarankan sebagai berikut: (1) bagi guru sebagai bahan masukan untuk memberikan teori dan masukan terhadap siswa agar mampu berperilaku konsumsi yang rasionalitas. (2) bagi program studi Pendidikan Ekonomi sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk mengembangkan dan merancang metode, model-model serta strategi dalam pembelajaran ekonomi kreatif dan inovatif, yang utamanya berkaitan dengan perilaku konsumsi yang rasional. (3) bagi pengembangan ilmudiharapkan agar hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pengembangan bidang keilmuan dan penjelasan teori khususnya pada teori hasil belajar ekonomi dan rasionalitas dalam berperilaku konsumsi. Selain itu diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan kajian pendidikan khususnya pada pendidikan ekonomi, dan (4) bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah rasionalitas dalam berperilaku konsumsi. Bisa menggunakan sampel yang lebih luas agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal atau mencari faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi rasionalitas dalam berperilaku konsumsi siswa.