Pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran jaringan dasar dengan model pembelajaran project based learning untuk siswa kelas X semester II Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di tingkat SMK / Gagas Wicaksono
Main Author: | Wicaksono, Gagas |
---|---|
Other Authors: | 1. Muladi ; 2. Dwi Prihanto |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=81731 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWicaksono, Gagas. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Siswa Kelas X Semester II Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Tingkat SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S.T., M.T., (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.Kata-kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Jaringan Dasar, Project Based Learning.Mata Pelajaran Jaringan Dasar merupakan salah satu mata pelajaran baru untuk kurikulum 2013 SMK. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung, bahan ajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah bahan ajar yang berasal dari penerbit buku. Bahan ajar tersebut hanya berisi kumpulan materi dan soal-soal tanpa adanya tugas praktikum. Sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu bahan ajar masih menggunakan pendekatan pembelajaran verifikasi yang berpusat pada guru dan kurang bisa membuat siswa berfikir kreatif, sehingga jika siswa diberi tugas yang lebih komplek maka siswa akan kesulitan mengerjakan tugas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Jaringan Dasar dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan untuk mengetahui tingkat kelayakannya.Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik, (3) merumuskan tujuan pembelajaran, (4) melakukan analisis pembelajaran, (5) mengembangkan butir test acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan bahan ajar, (8) merancang dan melaksanakan uji coba formatif, (9) revisi bahan ajar, dan (10) uji coba sumatif. Namun, penelitian ini tidak melakukan tahap uji coba sumatif. Bahan ajar hasil pengembangan diuji dengan melakukan uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Uji coba perseorangan dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yaitu dosen ahli Jaringan Dasar dan guru Mata Pelajaran Jaringan dasar. Uji coba kelompok kecil dilakukan dengan pemberian angket kepada 10 siswa yang telah menempuh Mata Pelajaran Jaringan Dasar. Uji coba kelompok besar dilakukan dengan pemberian angket kepada 24 siswa yang telah menempuh Mata Pelajaran Jaringan Dasar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian ahli materi terhadap buku siswa dan buku guru sebesar 91,6% dan 88,5%, sedangkan untuk penilaian ahli media terhadap buku siswa dan buku guru sebesar 85,9% dan 90%. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar terhadap buku siswa sebesar 90,7% dan 82,2%. Bahan ajar yang dikembangkan secara umum telah memenuhi kriteria sangat valid dan layak untuk digunakan. Namun belum uji coba sumatif belum dilakukan, sehingga disarankan pada peneliti lain untuk melakukan sumatif.ABSTRACTWicaksono, Gagas. 2017. The Development of Teaching Material on Basic Network by Using Project Based Learning Model for Students Grade 10 Term II for Computer Technique and Network Expertise in Vocational School. Undergraduate Thesis, Electro Technique Department, Technique Faculty, Malang State University. Advisor:( I) Dr. Muladi, S.T., M.T., (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.Key words: development of teaching material, basic network, Project Based LearningBasic network is one of the new subjects in curriculum 2013 for vocational school. Based on the observation done in SMK 1 Rejotangan Tulungagung, teaching material for basic network that is used in the learning process is a material which is derived from printed books. The teaching materials are merely compilation of materials and some problems to solve without any practicum materials. It makes the students less active in the learning process. Besides, the teaching material is still used an old method, where teacher is the centre of the learning process, and less provocative for students so they are not able to have such a creative thinking, thus when the students are given a little complex problems, they will find difficulties in solving them. This research is on purpose to construct basic network as a teaching material with Project Based Learning (PjBL) model and to identify its appropriateness.This research uses Dick and Carey development model which has ten steps: 1) identify the purpose of the learning process, 2) Identify the behavior and the characteristics, 3) formulate the purpose of the learning process 4) analyze the learning process 5) develop the number test standardization 6) develop the learning strategy 7) develop the teaching materials 8) design and carry out formative trial 9) revise the term teaching materials 10) Term trial. Yet, this research does not perform the term trial step. The developed teaching materials are tested personally, within small groups, and big groups trials. The personal trial is tested by material expert and media expert, who are the lecturer of basic network in campus and the teacher of basic network at school. Small group trial is tested by giving questionnaires to ten students who have undergone the basic network as one of their lessons. Big group trial is tested by giving twenty four questionnaires to students that have undergone the basic network as one of their lessons. The research shows that the material expert gives 91,6% for student book and 88,5% for teacher book. While the media expert gives 85, 9% for student book and 90% for teacher book. The result of the small group trial toward the student book is 90,7%, while the big group gives 82,2%. The developed teaching material generally has fulfilled the very valid criteria and is appropriate to be applied. Yet, the term trial has not been done yet, so it is suggested to other researchers to undergo the term trial.