Efektivitas meaningful service training dalam meningkatkan kebermaknaan kerja pada server Pizza Hut di Kota Malang / Muhamad Fajar Hidayat

Main Author: Hidayat, Muhamad Fajar
Other Authors: 1. Diyah Sulistiyorini; 2. Ninik Setiyowati
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Psikologi , 2017
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=81458
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHidayat, Muhamad Fajar. 2017. Efektifitas Meaningful Service Training dalam Meningkatkan Kebermaknaan Kerja pada Server Pizza Hut di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing : (1) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi. (2) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.Kata kunci: meaningful service training , kebermaknaan kerja, server pizza hutPizza Hut Indonesia memilik visi untuk menjadi yang terunggul pada tingkat restoran kelas menengah di Indonesia yang dicapai lewat misi kenyamanan suasana yang terbaik dan menyajikan pizza yang terbaik dengan harga yang terjangkau. Visi tersebut dapat dicapai oleh misi operasional yang telah ditentukan oleh Pizza Hut dengan prosedur pelayanan 10 Moment of Truth. Tetapi pada kenyataannya, banyak karyawan yang tidak melaksanakan prosedur pelayanan tersebut dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan karena mereka merasa tidak berharga dan tidak memiliki makna dengan melakukan kerja seperti hal tersebut sehingga memiliki kebermaknaan kerja yang rendah. Kebermaknaan kerja menjadi penting bagi karyawan, karena karyawan yang menemukan makna dalam pekerjaan mereka cenderung lebih puas, keterikatan yang tinggi terhadap perusahaan, dan pada gilirannya menjadi lebih produktif. Upaya untuk meningkatkan kebermaknaan kerja dilakukan dengan pemberian meaningful service training berdasarkan analisis kebutuhan dalam tim.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas meaningful service training dalam meningkatkan kebermaknaan kerja. Penelitian menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen, dengan model one group pretest-posttest design. Analisis uji beda menggunakan analisis statistik non-parametrik wilcoxon. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan seluruh server Pizza Hut di Kota Malang sebanyak 28 orang. Treatmen dilakukan menggunakan modul panduan pelaksanaan meaningful service training untuk meningkatkan kebermaknaan kerja subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan meaningful service training efektif untuk meningkatkan kebermaknaan kerja pada server Pizza Hut di Kota Malang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian treatmentHasil penelitian menunjukkan bahwa meaningful service training efektif dalam meningkatkan kebermaknaan kerja pada server Pizza Hut di Kota Malang, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kebermaknan kerja. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan oleh trainer untuk meningkatkan kebermaknaan kerja sehingga dapat melayani pelanggan dengan sepenuh hati. Bagi pihak managerial Pizza Hut dapat dapat melakukan evaluasi rutin dalam bentuk sharing session untuk menjalin komunikasi kepada pekerjaannya agar merasa dihargai. Bagi peneliti selanjutnya, melakukan penelitian dengan menggunakan metode meaningful service training yang lain dan bisa diterapkan di penelitian-penelitian selanjutnya.ABSTRACTHidayat, Muhamad Fajar. 2017. The Effectiveness of Meaningful Service Training to Increasing Meaningful Work on Pizza Hut Server in Kota Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing : (1) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi. (2) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.Keywords: meaningful service training, meaningful work, pizza hut serverPizza Hut Indonesia has a vision to be the ultimate in the middle class restaurant level in Indonesia which is achieved through the best ambience comfort mission and serves the best pizzas at affordable prices. This vision can be achieved by the operational mission set by Pizza Hut with the 10 Moment of Truth service procedure. But in fact, many employees do not carry out the service procedures properly and correctly. This is because they feel worthless and have no meaning to doing such work so it has a low meaningful of work. The meaningful of work is important to employees, because employees who find meaning in their work tend to be more satisfied, attachment to the company, and in turn more productive. Efforts to improve the meaningful of work done with the provision of meaningful service training based on the needs analysis in teams.The purpose of this study is to determine the effectiveness of meaningful service training in improving the meaningful of work. The study used quasi-experimental design, with one group pretest-posttest design. Different test analysis using non-parametric wilcoxon analysis. This study is a population study using all Pizza Hut server in Malang as many as 28 people. Treatment is done using the module of the implementation of meaningful service training to improve the meaningful of the research subject. The results showed that the effective use of meaningful service training to improve the meaningful of work on the Pizza Hut server in Malang with a significance value of 0.000 <0.05 which means there are significant differences before and after the granting of treatmentThe results showed that meaningful service training is effective in improving the meaningful of work on Pizza Hut server in Malang City, so it can be used to improve meaningful work. The results of this study are also expected to be used by trainers to improve the meaningful of work so that it can serve customers with a vengeance. For the managerial side of Pizza Hut can perform regular evaluation in the form of sharing session to establish communication to their work to feel appreciated. For the next researcher, do research by using other meaningful service training methods and can be applied in further studies.