Penerapan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Mangga Dua Kabupaten Merauke / Yonarlianto Tembang

Main Author: Tembang, Yonarlianto
Other Authors: 1. Sulton; 2. Suharjo
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan dasar , 2017
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=81243
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTembang, Yonarlianto, 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Mangga Dua Merauke. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana.. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sulton, M.Pd. (2) Dr. Suharjo, M.S., MA.Kata Kunci: Think Pair Share, Media Gambar, Motivasi, Hasil Belajar IPA.Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA, salah satunya adalah penerapan model dan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti sebagai kegiatan pendahuluan penelitian ini pada kelas IVA SD Inpres Mangga Dua Kabupaten Merauke, terdapat masalah dalam pembelajaran IPA, yaitu: (1) metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa, (2) kurangnya motivasi belajar yang didapatkan siswa sehingga mengakibatkan siswa tidak banyak berbicara dalam mengikuti pembelajaran, (3) masih banyak siswa yang bermain saat mengikuti pembelajaran, (4) hasil belajar siswa rendah serta guru belum pernah menggunakan media dalam pembelajaran IPA.Berdasarkan permasalah tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran untuk memperbaiki masalah tersebut, dengan penerapan model TPS berbantuan media gambar. Pembelajaran TPS dapat membantu siswa untuk menemukan sendiri konsep pengetahuanya, mengajak siswa banyak berbicara serta memberanikan diri menyampaikan temuannya didepan kelas, sedangkan media gambar akan membantu siswa untuk menemukan konsep yang terkandung dalam masalah sehingga hubungan antara komponen dalam masalah tersebut dapat terlihat dengan lebih jelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe TPS berbantuan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas IVA SD Inpres Mangga Dua Kabupaten Merauke.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart yang memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, tes hasil belajar, pedoman wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi yang telah di validasi.Hasil penelitian, penerapan model kooperatif tipe TPS dengan berbantuan media gambar, sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu: (a) think : memberi kesempatan kepada semua siswa untuk berpikir secara individu dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan mengamati media gambar yang telah diberikan melalui LKS; (b) pair : mendiskusikan hasil pemikiran masing-masing siswa dengan kelompoknya (pasangan) dengan mengamati percobaan sederhana; (c) share : memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi pasangan kelompoknya dan mau menerima masukan/saran dari pasangan kelompok lain. Analisis data membuktikan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran tersebut disetiap siklusnya. Hasil motivasi belajar siswa secara klasikal yakni 74,91% pada siklus 1 meningkat menjadi 87,27% pada siklus 2, presentase peningkatan tersebut sebesar 12,36%. Hasil belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan dari pra tindakan sebesar 31,82, pada siklus 1 meningkat 68,18%, dan pada siklus 2 meningkat sebesar 86,26%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,18%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberi saran kepada guru bahwa model kooperatif tipe TPS berbantuan media gambar dapat dipilih sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.