Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media tas bolang untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas IV SD Negeri Sidokaton Kudu Jombang) / Tiyas Puji Rahayu
Main Author: | Rahayu, Tiyas Puji |
---|---|
Other Authors: | 1. Wahjoedi; 2. Sudarmiatin |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Dasar
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=80936 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahayu, Tiyas Puji. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tas Bolang untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sidokaton Kudu Jombang). Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahjoedi, ME., M.Pd (II) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.SiKata Kunci: Pembelajaran kooperatif, teams games tournament, media tas bolang, aktivitas, hasil belajar.Berdasar pengamatan awal siswa kelas IV SDN Sidokaton Kudu Jombang menunjukkan aktivitas belajar yang masih rendah. Tanya jawab dan kerja kelompok didominasi siswa berkemampuan tinggi sedangkan siswa yang lain pasif. Dalam pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Hasil wawancara dengan guru kelas IV, dalam proses pembelajaran belum pernah menggunakan model TGT. Hasil studi dokumen nilai siswa pada tema cita-citaku masih rendah. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang rendah mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Temuan permasalahan ini dapat diatasi dengan pembelajaran yang menyenangkan, menantang, dan memberi kesempatan siswa belajar bersama melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media tas bolang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media tas bolang yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema cita-citaku siswa kelas IV SDN Sidokaton Kudu Jombang.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. PTK dilakukan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdapat empat pertemuan. PTK dilakukan di SDN Sidokaton Kudu Jombang dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa kelas IV tahun pelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, pedoman wawancara, dan soal evaluasi. Tahapan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media tas bolang yaitu presentasi kelas, guru menjelaskan materi pembelajaran dengan media benda nyata, gambar, power point, dan video pembelajaran. Belajar kelompok dengan mengerjakan LKS, tutor sebaya, dan presentasi hasil diskusi. Game dengan permainan adu cepat menjawab kartu dalam tas. Turnamen, perwakilan kelompok duduk dalam meja turnamen bertanding menjawab kartu dalam tas. Pemberian penghargaan, memberikan hadiah berupa buku tulis pada kelompok terbaik.Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media tas bolang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema cita-citaku siswa kelas IV SDN Sidokaton Kudu Jombang. Aktivitas siswa aktif pada siklus I sebesar 70% meningkat pada siklus II sebesar 90%. Hasil belajar pada siklus I sebesar 65% meningkat pada siklus II sebesar 85%. Temuan penelitian antara lain (1) pembelajaran kooperatif TGT dengan tas bolang lebih efektif jika guru menggunakan metode yang tepat ketika kegiatan presentasi kelas; (2) kegiatan belajar kelompok lebih efektif jika semua siswa diberi tanggung jawab mengerjakan LKS secara merata dan kegiatan tutor sebaya; (3) aturan permainan dan turnamen harus jelas sehingga berlangsung tertib dan tepat waktu; (4) perencanaan yang baik oleh guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sangat penting dalam penerapan pembelajaran kooperatif TGT dengan tas bolang; (5) manajemen waktu dan pengelolaan kelas yang tepat sangat diperlukan karena banyaknya aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan siswa. Kesimpulannya aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat karena penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan tas bolang.