Penerapan group investigation berbasis outdoor study untuk meningkatkan ecoliteracy siswa dalam kegiatan pengelolaan sampah pada siswa kelas IV SDN Licin Kabupaten Sumedang / Fanny Karlina

Main Author: Karlina, Fanny
Other Authors: 1. I Nyoman Sudana Degeng; 2. Ach. Amiruddin
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Dasar , 2017
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=80433
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKarlina, Fanny. 2017. Penerapan Group Investigation Berbasis Outdoor Study untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa dalam Kegiatan Pengelolaan Sampah pada Siswa Kelas IV SDN Licin Kabupaten Sumedang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.Kata kunci: group investigation, outdoor study, ecoliteracy, sampah Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Licin Kabupaten Sumedang, menunjukkan tingkat ecoliteracy masih rendah. Terbukti dari kurang pedulinya mereka terhadap lingkungan di sekitar, misalnya membuang sampah sembarangan dan kurangnya menjaga kebersihan kelas dan sekolah. Pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru belum bisa memfasilitasi siswa untuk meningkatkan ecoliteracy, karena pembelajaran masih menekankan pada aspek kognitif (pengetahuan), sementara aspek afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan) masih dikesampingkan. Sementara ecoliteracy sangat penting ditanamkan sejak usia dini agar siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat penerapan group investigation berbasis outdoor study untuk meningkatkan ecoliteracy siswa dalam kegiatan pengelolaan sampah pada siswa kelas IV SDN Licin Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Licin Kabupaten Sumedang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, pedoman wawancara, dan lembar tes.Melalui penerapan group investigation berbasis outdoor study pada pembelajaran IPS, ecoliteracy siswa dalam kegiatan pengelolaan sampah di kelas IV SDN Licin Kabupaten Sumedang mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada aspek pengetahuan, aplikasi, dan sikap ecoliteracy siswa. Adapun saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yakni: 1) guru membimbing agar siswa lebih fokus menyelesaikan tugas investigasi kelompok yang terkait dengan permasalahan sampah dan lebih disiplin saat melaksanakan investigasi di luar kelas (outdoor study); 2) guru memberikan tanggung jawab kepada siswa yang memiliki kemampuan kognitif tinggi untuk membimbing siswa yang memiliki kemampuan kognitif rendah sehingga mereka mampu berkontribusi dalam penyusunan laporan akhir; dan 3) guru memotivasi siswa agar lebih percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya.