Pengaruh kesadaran merek, kualitas merek dan asosiasi merek terhadap loyalitas konsumen pengguna HP Samsung (study pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang) / Bogi Waskito Jati

Main Author: Jati, Bogi Waskito
Other Authors: 1. Titis Sintha Dewi ; 2. Handri Dian Wahyudi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen , 2017
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=78866
Daftar Isi:
  • ABSTRAKJati, Bogi Waskito. 2016. Pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas Merek dan Asosiasi Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna HP Samsung (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M. (II) Handri Dian Wahyudi, S.Pd, M.Sc.Kata kunci : Kesadaran Merek, Kualitas Merek, Asosiasi Merek dan Loyalitas konsumenPerkembangan dunia yang begitu cepat dewasa ini dapat dilihat di segala bidang seperti teknologi, ekonomi dan sebagainya. Dampak dari perkembangan ini memberikan suatu peluang bagi industri dan perusahaan besar ataupun kecil. Di mana era globalisasi yang seperti terjadi di kawasan Asia Tenggara khususnya Negara Indonesia, dapat dilihat bahwa dengan adanya perdagangan bebas membuka jalan bagi perkembangan industri dan perusahaan dalam memasarkan produk dan memperluas pasarnya. Sekarang ini sudah banyak pesaingan produk HP lain untuk kebutuhan konsumen. Handphone juga merupakan fasilitas penting dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah berkomunikasi dan mencari informasi melalui sosial media atau internet. Handphone juga bisa memberikan informasi dan membagi informasi melalui telepone, sms, WhatsApp dan lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi Kesadaran merek, Kualitas merek dan Asosiasi merek dan Loyalitas konsumen. (2) Pengaruh Kesadaran merek, Kualitas merek dan Asosiasi merek baik secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas konsumen pengguna HP Samsung (3) Faktor yang dominan mempengaruhi Kesadaran Merek, Kualitas merek dan Asosiasi merek terhadap Loyalitas konsumen pengguna HP Samsung.Penelitian ini menggunakan instrument berupa koesioner dan merupakan jenis penelitain kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2014 yang pengguna HP Samsung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan cara Simple Random Sampling yaitu cara pengambilan sampel secara acak dari anggota populasi tanpa mempedulikan tingkatan, maka jumlah penentuan sampel diperoleh sebanyak 125 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa Variabel pengaruh Kualitas merek dan Asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pengguna HP Samsung (Study pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang). Sedangkan variabel kesadaran merek tidak memiliki dampak signifikan terhadap loyalitas konsumen pengguna HP Samsung.