Pengembangan media pembelajaran IPA berbantuan komputer pada materi gerak lurus untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Ardiansyah Fitrul Firdaus
Main Author: | Firdaus, Ardiansyah Fitrul |
---|---|
Other Authors: | 1. H. Winarto; 2. Safwatun Nida |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=78850 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFirdaus, ArdiansyahFitrul. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran IPA BerbantuanKomputerPadaMateriGerakLurusUntukSiswa SMP/MTs Kelas VIII. Skripsi,Program StudiPendidikan IPA, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Winarto, M.Pd.(II) Safwatun Nida, S.Si.,M.Pd.Kata kunci: Media Pembelajaran IPA, BerbantuanKomputer, GerakLurusPembelajaran IPA menekankanpengamatanlangsungterhadapalamdangejalanyaterkaitmateri yang dipelajari.Salah satumateri IPA di SMP adalahgeraklurus. Materitersebutmencakupkonsep-konsepabstrakmengenai proses terjadinyagerak yang membutuhkanadanyavisualisasididalamkegiatanpembelajaran.Penggunaansumberbelajarberupabukutekshanyabisamenampilkanmateridenganvisualisasidiamsehinggasulitmemberikanilustrasi proses dankurangmenarikminatsiswa. Solusiuntukmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajarandapatmembantu guru dalammenyampaikanmateripelajaran, selainitudalam proses belajarmengajar media pembelajaranberfungsiuntukmeningkatkanrangsangansiswadalamkegiatanbelajar. Salah satualternatif media pembelajaransaatiniadalahdenganmemanfaatkankomputer. Pemanfaatankomputerdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswadandapatmemvisualisasikansuatumateri yang bersifatabstrak.Tujuanpenelitianiniadalahmenghasilkan media pembelajaran IPA berbantuankomputerpadamaterigeraklurusuntuksiswa SMP/MTs kelas VIII yang valid danlayakdigunakan. Media pembelajaran IPA iniberisimateriGerakLurus yang berisisubmaterigerak, jarakdanperpindahan, kecepatandankelajuan, GLB dan GLBB, gayadanhukum I Newton, pengaruhgayadanhukum II Newton, gayaaksi-reaksidanhukum III Newton. Penelitianpengembanganinimenggunakan model pengembangan 4-Dyang terdiridariempattahapyaitudefine, design, develop,dan disseminate,namundalampelaksanaannyahanyasampaitahapdevelop.Produkhasilpengembangandivalidasiolehdua dosen IPA sebagaiahlimateridan ahli media serta satu guru IPA sebagai ahli mediadanahlimateri. Produk yang divalidasidandiperbaiki, selanjutnyadiujicobakandalam skala kecilkepada15siswakelas VIII SMP As Salam Batusebagaipenggunaproduk yang dikembangkan. Jenis data yang diperolehbersifatkualitatifdankuantitatifyaituberupaangket yang disertaikomentardan saran. Teknisanalisis data yang digunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatif. Berdasarkanujikelayakanahli media danahlimateridiperolehnilai rata-rata kelayakan media sebesar93,33% dan kelayakan materi sebesar 85,52%. Dari data tersebutdapatdiketahuibahwamultimedia pembelajaran yang dikembangkansecaraumummemilikikriteriasangatlayak.Berdasarkanhasilanalisisresponsiswaterhadapproduksertakomentar yang diberikansiswa, dapatdiketahuibahwaproduk media pembelajaraninidapatditerimaolehsiswa dan dapat diujicoba dalam skala yang lebih luas.