Pengembangan inventori adaptabilitas karier siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Ifa Ruhimatul Fadhilah

Main Author: Fadhilah, Ifa Ruhimatul
Other Authors: 1. Muslihati; 2. Harmiyanto
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling , 2016
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=78519
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFadhilah,IfaRuhimatul.2016.Pengembangan Inventori Adaptabilitas Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, FakultasIlmuPendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muslihati, S.Ag, M.Pd, (II) Drs. Harmiyanto, M.Pd.Kata kunci : Adaptabilitas Karier, Inventori, Siswa SMK.Pengembanganinventoriadaptabilitaskariersiswasekolahmenengahkejuruan (SMK) dilatarbelakangibelumtercapainyatugasperkembangansiswa SMK padaaspekwawasandankesiapankarier, masihbanyaksiswa SMK yang belummampumemahamidirinyadanragu dengan karier yang akan mereka tekuni, mereka juga belum tahu program studi lanjutan yang akan dipilih.Dari haltersebutmakadiperlukaninstrumensebagaialatpehamandiri.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenciptakansebuah instrument pengumpul data yang dapatmembantusiswauntukmemahamidirinyadanmembantukonseloruntukmengukurtingkatadaptabilitaskariersiswa SMK.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall dengan langkah- langkah sebagai berikut: 1)mengumpulkan data,2)melakukan perencanaan, 3)mengembangkan produk awal, 4)melakukanujicobalapangantahapawal, 5)melakukanrevisidanpenyusunantahapakhir.Subjek uji validitas konstruk adalah dosen bimbingan dan konseling. Yang memiliki latar belakang pendidikan S-2BimbingandanKonseling, memiliki masa kerja minimal 5 tahun dan berkompeten dalam bidang instrumentasi. Berdasarkan uji validitas konstruk, diketahui bahwa sebagian besar isi dari inventori adaptabilitas karier siswa SMK, sudah sesuai dengan teori adaptabilitas karier oleh Savickas.Uji coba terbatas melibatkan 29 siswa kelas XI SMKN 3 Malang. Tujuan dari uji coba terbatas ini adalah untuk mengetahui sejauh mana inventori adaptabilitas karier ini, mampu dipahami oleh siswa SMK. Kemudian, uji lapangan utama dilaksanakan kepada 142 siswa kelas XI SMKN 3 Malang. Untuk menghitung koefisien validitas adalah menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk menghitung koefisien reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach, serta untuk penormaan ideal menggunakan rumus kelas interval. Produk yang dihasilkanadalah sebuah inventori adaptabilitas karier siswa SMK, yang berisi70 item pernyataan terkait 4 aspek adaptabilitas karier yaitu : kepedulian, kontrol, rasa ingin tahu dan keyakinan. Produk ini sudah memenuhi syarat alat ukur, antara lain validitas, reliabilitas dan penormaan.Berdasarkan hasil pengembangan ini,diharapkankonselormampu memanfaatkan inventori adaptabilitas karier siswa SMK inisebagai salah satu alat pengumpul data nontesting. Selain itu, untuk penelitiselanjutnyadiharapkanmampumengembangkanprodukinisampai 10 tahapandari model penelitian Borg and Gall, danmengembangkan produk ini menjadi software, atau berbasis komputer,serta sebagai alatpenelitianatauinstrumenuntukpenelitianselanjutnya.