Peningkatan keterampilan open smash bola voli melalui pendekatan bermain pada ekstrakurikuler bola voli putra SMK PGRI 2 Malang / Muhammad Fauzan Ikramullah
Main Author: | Ikramullah, Muhammad Fauzan |
---|---|
Other Authors: | 1. Sri Purnami; 2; Febrita Paulina Heynoek |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=78324 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIkramullah, Muhammad Fauzan. 2016. Peningkatan Keterampilan Open Smash Bolavoli Melalui Pendekatan Bermain Pada Ekstrakurikuler Bolavoli Putra SMK PGRI 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd, (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd.Kata kunci: bolavoli, open smash, pendekatan bermainBerdasarkan hasil observasi secara umum pada latihan permainan bolavoli ekstrakurikuler bolavoli putra SMK PGRI 2 Malang yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2016 masalah-masalah yang ditemukan diantaranya adalah belum adanya program latihan yang terstruktur, sehingga prestasi hasil latihan cenderung tidak stabil, dan metode latihan mengulang-ulang (drill)dari pelatih yang berdampak peserta didik cenderung bosan. Hasil khusus yang ditemukan ialah lemahnya kemampuan keterampilan opensmash permainan bolavoli serta tidak menunjukkan hasil yang baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan open smash permainan bolavoli melalui pendekatan bermain yang diikuti oleh 8 peserta didik putra.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga (PTO) yang pelaksanaannya terdiri dari obervasi awal, selanjutnya masuk pada tahap siklus 1 dan siklus 2yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dilakukan selama 6 minggu dengan kapasitas 6 kali pertemuan per-siklus.Hasil tiap-tiap indikator keterampilan opensmash permainan bolavoli untuk siklus 1 diantaranya; indikator awalan sebesar 58,3% benar dan 41,7% salah, tolakan sebesar 50% benar dan 50% salah, perkenaan terhadap bola sebesar 62,5% benar dan 37,5% salah, dan mendarat sebesar 50% benar dan 50% salah. Kemudian tiap-tiap indikator untuk siklus 2 diantaranya; indikator awalan sebesar100% benar dan 0% salah, tolakan sebesar95,8% benar dan 42% salah, perkenaan terhadap bola sebesar87,5% benar dan 12,5% salah, dan mendarat sebesar 87,5% benar dan 12,5% salah.Kesimpulannya melalui pendekatan bermain yang diterapkan oleh peneliti terbukti dapat meningkatkan keterampilan open smash permainan bolavoli. Saran bagi pelatih agar merancang program latihan yang terstruktur sebelum memulai latihandan menggunakan metode latihan yang tepat seperti pendekatan bermain.