Pengaruh dukungan pendidikan, keluarga, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Dewi Kurniasari

Main Author: Kurniasari, Dewi
Other Authors: 1. Hj. Madziatul Churiyah; 2. H. Mohammad Arief
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran , 2016
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=77725
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniasari, Dewi. 2016. Pengaruh Dukungan Pendidikan, Keluarga, dan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd.,M.M, (II) Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.Kata Kunci: Dukungan Pendidikan, Dukungan Keluarga, Dukungan Lingkungan, Minat BerwirausahaSMK sebagai lembaga pendidikan bertujuan menyiapkan peserta didiknya untuk menjadi tenaga kerja yang terampil. Akan tetapi, masih banyak lulusan SMK di Indonesia yang menjadi pengangguran. Salah satu upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran tersebut adalah dengan menjadi seorang wirausaha. Dalam menumbuhkan minat berwirausaha perlu adanya dukungan dari pendidikan, keluarga, serta lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi dukungan pendidikan, dukungan keluarga, dukungan lingkungan, dan minat berwirausaha, (2) pengaruh dukungan pendidikan terhadap minat berwirausaha, (3) pengaruh dukungan keluarga terhadap minat berwirausaha, (4) pengaruh dukungan lingkungan terhadap minat berwirausaha.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu dukungan pendidikan (X1), dukungan keluarga (X2), dan dukungan lingkungan (X3) serta variabel terikat, yaitu minat berwirausaha (Y). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sebanyak 668 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 134 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi serta angket atau kuisioner dengan lima alternatif jawaban sesuai skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dukungan pendidikan siswa adalah sangat tinggi, (2) dukungan keluarga siswa adalah tinggi, (3) dukungan lingkungan siswa adalah tinggi, (4) minat berwirausaha siswa adalah sangat tinggi, (5) dukungan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (6) dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (7) dukungan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan (1) bagi guru, hendaknya lebih banyak melaksanakan praktik kewirausahaan, (2) bagi siswa, diharapkan dapat dapat kreatif dan inovatif serta dapat menangkap peluang untuk berwirausaha dengan cara menciptakan usaha sejak masih sekolah. (3) bagi orang tua, hendaknya lebih melibatkan anak untuk melakukan aktivitas kewirausahaan di rumah serta mengarahkan anak untuk menyoroti wirausaha di lingkungan sekitarnya.