Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuyk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas III Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kab. Malang / Doni

Main Author: Doni
Other Authors: 1. Imam Nawawi; 2. Sjafruddin A.R.
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2016
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=77436
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDONI. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPknKelas III SDK Wignya Mandala KecamatanTumpangKabupaten Malang. Skripsi, JurusanPendidikan Guru SekolahDasar, FakultasIImuPendidikan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing I: Drs.ImamNawawi.M.Si, PembimbingII: Drs. Sjafruddin A. Rahman.S.Pd, M. PdKata Kunci: hasilbelajar, Model PembelajaranContextualTeaching And Learning, SekolahDasarBerdasarkanhasilbelajarsiswa di SDK Wignya mandala proses pembelajaranterus-menerussepertiini, makaaktivitassiswaakansemakinberkurangdalammengikuti proses pembelajaran.Kurangnyaaktivitassiswaakanberpengaruhterhadaphasilbelajar. Hal initerlihatpadahasilbelajartergolongrendah, dimanahanya 5 orang siswa (35%) dari 21 orang siswa yang dinyatakanmampumencapaiKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) yang telahditetapkansekolahyaitudenganmencapainilai 75, sedangkan 4 orang siswa (65%) belummencapaiketuntasanTujuanpenelitianiniadalah: Untukmengetahuiseberapabesarpeningkatanaktivitasbelajarmelalui model pembelajarancontextual teaching and learningCTL ).MetodePenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakankelas (PTK) Subjekpenelitianyaknisiswakelas III SDK Wignya Mandala KecamatanTumpangKabupaten Malang.Teknipengumpula data ada 4 yaitu: 1) Observasi, 2) Tes, 3) dokumentasidan 4) CatatanLapangan. Adapunanalisis data dalampenelitianiniyaknireduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.Hasilpadapenelitianinidiperoleh data hasilbelajarsiswaatauketuntasanklasikalsebanyak 12 siswaatau 57% siswa yang sudahtuntasbelajarsedangkan 9 siswaatau 45% siswa yang belumtentusabelajar. Sedangkanketuntasanklasikalaktivitasbelajaryakni 12 siswaatau 57% siswasudahtuntasdan 6 siswaatau 45 siswabelumtuntasbelajar.Penerapan model pembelajarancontextual teaching and learning (CTL) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapembelajaran PKN. Hal initerbuktidenganmeningkatnyahasilbelajarsiswadandapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.SecaraumumdapatdisimpulkanbahwapembelajaranmenggunakanContextual And Learning dapatmeningkatkankemampuanbelajarsiswa. Pernyataaninidapattunjukkanolehkeberhasilansiswakelas III SDK WignyaMandalaTumpangdalamaktivitasbelajar.Berdasarkanpaparan data, temuanpenelitian, danpembahasanditemukan saran ataukekurangan yang muncul agar menjadiperbaikanpadapenelitianselanjutnya.