Kemampuan menulis teks cerita biografi melalui penggunaan media film pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Yunita Mulia Sari

Main Author: Sari, Yunita Mulia
Other Authors: 1. Wahyudi Siswanto; 2. Sunaryo, HS
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah , 2016
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=76645
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSari, Yunita, Mulia. 2016. Kemampuan menulisteksceritabiografi melalui penggunaan media film pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd. (II) Dr. Sunaryo, HS., S.H. M.Hum.Kata Kunci: kemampuan menulis, pembelajaran menulis, teks cerita biografi, media film.Teksceritabiografimerupakanriwayathidupseseorangatautokohyang ditulisoleh orang lain. Dalam menulis teks cerita biografi perlu memperhatikan arah penulisan, tema, dan pendekatan yang akan dipilih dalam penulisan. Pembelajaran menulis teks cerita biografi merupakan bentuk kreativitas untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita biografi karya siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerita biografi melalui penggunaan media film siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskripstif dengan desain kuantitatif. Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang tahun ajaran 2015-2016. Sumber data penelitian ini adalah hasil karya siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dua teknik, yaitu (1) tes tulis dan (2) rubrik penilaian. Peneliti melakukan pengamatan terlebih dahulu pada pembelajaran menyusun teks cerita biografi untuk mengetahui kemampuan siswa di kelas.Hasil penelitian ini berupa kemampuan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 9 Malang. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga aspek sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu aspek struktur, isi, dan bahasa.Pada aspek struktur diketahuibahwasemuasiswa (100%) berhasilmencapai KKM. Rinciannya, sebanyak 8siswa (26%) berhasilmendapatkanskor 4 dengankualifikasiSangatBaik.Kemudian, sebanyak 11 siswa (36%) berhasilmendapatkanskor 3 dengankualifikasiBaik.Selanjutnya, sebanyak 11 siswa (36%) berhasilmendapatkanskor 2 dengankualifikasiCukup. Pada aspek isi diketahuibahwasemuasiswa (100%) berhasilmencapai KKM. Rinciannya, sebanyak 13siswa (43%) berhasilmendapatkanskor 4 dengankualifikasiSangatBaik.Kemudian, sebanyak 17 siswa (57%) berhasilmendapatkanskor 3 dengankualifikasiCukup. Pada aspek bahasa diketahuibahwatidaksemuasiswaberhasilmencapai KKM. Persentasesiswa yang belumberhasilmencapai KKM lebihbesardaripadapersentasesiswa yang mencapai KKM.Dari hasilskor di atas, ditemukanbahwasiswa yang berhasilmencapai KKM hanyamencapai 36% atausebanyak 11 siswa. Dari sebelassiswatersebut, hanya 1 siswa (3%) yang mencapaikualifikasiSangatBaikdan 10 siswa (33%) mencapaikualifikasiBaik. Sementaraitu, persentasesiswa yang lebihbesar, yakni 63% darikeseluruhansiswaatausebanyak 19 siswa yang belumberhasilmencapai KKM danmasihtergolongkualifikasiRendah.Saran penelitian ditujukan bagi siswa, guru, dan peneliti selanjutnya.Pertama, bagi guru disarankanuntuktidakterpakupadasatubukupegangan, melainkanperlupenambahaninformasiumumpadabuku lain terkaitdenganpembelajaranmenyusunteksceritabiografi. Selainitu, guru juga disarankanuntukmemperhatikanpengelolaankelasuntukmembangkitkanfokusbelajarsiswa.Kedua, bagisiswa, disarankanuntukmenambahpengetahuanmateritentangmenulisteksceritabiografidarisumber-sumberlain, sepertibukupengetahuan lain tentangmenulisteksceritabiografi, internet, dan lain-lain. Selainitu, siswadisarankanuntukmenggunakan media lain sebagaireferensibelajarmengenaimenulisteksceritabiografi, seperti video pembelajaran, bukucerita, dan lain-lain.Ketiga, bagipenelitilain, disarankanuntukmelakukanpenelitianselanjutnyamengenaiketerampilanmenulisteksceritabiografimelaluipenggunaan media yang berbedauntukdapatmengetahuikemampuanmenulisteksceritabiografisiswa.Hasilpenelitianinidapatdijadikansebagaipenambahwawasanpenelitiselanjutnyakarenadapatmemberikanpengalamanbarudalampemecahanmasalah yang berkaitandenganpembelajaranmenulisteksceritabiografi.